6 Jenis Jamu Tradisional Asli Indonesia Ini Mantap Khasiatnya | Lifestyle News 6 Jenis Jamu Tradisional Asli Indonesia Ini Mantap Khasiatnya | Lifestyle News

6 Jenis Jamu Tradisional Asli Indonesia Ini Mantap Khasiatnya

(c) shutterstock.com
Salah satu warisan budaya Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini adalah jamu. Minuman obat sehat dengan racikan asli Indonesia ini mungkin masih menjadi pilihan bagi masyarakat tradisional di samping makin maraknya produk obat-obatan yang bermunculan di Indonesia.

Meski sudah banyak jamu kemasan dari pabrik yang hadir di pasaran, namun banyak juga yang jamu-jamu racikan alami yang masih digemari di pasaran. Dikutip dari Vemale, yuk kenali jamu-jamu alami dan manfaatnya yang mantap bagi kesehatan.

1. Beras Kencur
Jenis jamu yang satu ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Biasanya sih, orang-orang meminumkan beras kencur pada anak mereka agar lebih nafsu makan,. Komposisi alaminya terbuat dari beras, kencur, jahe dan gula merah. Bahan-bahan lain adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo dan lain-lain. Khasiatnya selain menambah nafsu makan juga untuk membuat tubuh lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

2. Paitan
Banyak yang tidak suka dengan jenis jamu ini. Padahal jamu ini justru baik untuk kesehatan. Kandungan alaminya berupa sambiloto dan brotowali. Meski pahit, bila Anda mau meminumnya secara rutin, maka jamu ini bisa memerangi berbagai penyakit seperti kolesterol. Selain itu khasiat pahitnya bisa membersihkan darah dan menghilangkan jerawat.

3. Kunci Sirih
Bagi wanita, jamu yang satu ini mungkin sudah sangat akrab. Jamu yang mampu mengatasi bau badan dan mengencangkan perut ini biasanya dibuat dari daun kunci dan daun sirih. Biasanya juga ditambahkan kencur dan sebagainya. Tentu saja jamu ini juga punya manfaat baik bagi kesehatan organ intim Anda.

4. Kunyit Asam
Apakah Anda punya masalah dengan haid? Coba deh ramuan herbal alami kunyit asam. Rasanya segar dan mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti panas dalam. Selain itu juga berfungsi untuk menurunkan berat badan lho.

5. Jamu Gepyokan
Jamu yang satu ini biasanya disarankan para calon mertua pada menantu wanitanya. Hal ini karena manfaat jamu gepyokan yang mampu menjaga kuantitas air susu ibu. Bahan alami di dalamnya biasanya dibuat dari kencur, jahe, daun katu, dan sebagainya. Alami dan baik bagi kesehatan.

6. Jamu Cabe Lempuyang
Bila Anda mengalami pegal linu di daerah pinggang, boleh juga mencoba jamu cabe lempuyang ini. Terbuat dari cabe jamu dan rimpang lempuyang, jamu pegal linu itu bisa mengatasi masalah kesemutan dan capek-capek di badan.

Jamu adalah salah satu minuman warisan nenek moyang asli Indonesia. Jagalah budaya kita agar tetap bertahan dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

(vemale)