Ini Trik Jitu Presentasi di Depan Bos Agar Menarik Perhatian | Lifestyle News Ini Trik Jitu Presentasi di Depan Bos Agar Menarik Perhatian | Lifestyle News

Ini Trik Jitu Presentasi di Depan Bos Agar Menarik Perhatian

dok. Thinkstock
Melakukan presentasi di depan bos, rekan kerja, serta klien, tentunya bukanlah hal yang mudah. Banyak orang yang tidak bisa mengatasi situasi sehingga merasa gugup. Kalau sudah begitu, presentasi pun bisa tak berjalan dengan lancar. 

Apakah Anda juga sering mengalaminya? Agar presentasi Anda bisa berjalan mulus, dan menarik perhatian, sebaiknya perhatikan trik jitu ini, seperti dikutip dari Wolipop

1. Buat Ringkasan
Sebelum melakukan presentasi, akan lebih baik bila Anda membuat skema atau ringkasan dari topik yang akan dibahas. Fokuslah pada ringkasan tersebut dan jangan sampai Anda keluar dari topik yang akan dibicarakan.

2. Pelajari 
Persiapkanlah diri semaksimal mungkin. Pelajarilah isi atau topik yang akan dibahas dalam presentasi tersebut. Cara ini untuk membuat Anda menguasai materi, dan lebih siap dengan berbagai macam pertanyaan yang akan ditanyakan oleh audiens. 

3. Lakukan Riset
Akan lebih baik bila Anda melakukan riset dan kenali siapa yang akan hadir di presentasi Anda. Ini untuk membantu Anda nantinya akan mempersiapkan bahan presentasi yang efektif dengan memahami apa yang paling diinginkan oleh audiens. 

4. Hiasi dengan Cerita
Tak ada salahnya bila Anda membuat sedikit cerita menarik untuk menyampaikan isi presentasi Anda. Sebuah cerita dapat mempermudah audiens untuk bisa lebih mengerti. Presentasi pun menjadi lebih berwarna dan tak membosankan. 

5. Ajak Partisipasi
Ketika melakukan presentasi jangan hanya Anda saja yang berbicara, tapi ajaklah para audiens untuk turut berpartisipasi. Minta mereka bertanya, atau sesekali Anda yang bertanya pada mereka. Cara tersebut dapat membuat mereka semakin terikat dengan topik yang Anda sampaikan dalam presentasi itu. 

6. Nada Suara Berbeda
Agar audiens tidak mengantuk dengan presentasi Anda, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan nada suara yang berbeda saat menjelaskan suatu topik. Anda bisa meninggikan suara dan terlihat bersemangat, ketika menjelaskan topik yang menyenangkan. Begitupun sebaliknya, saat membicarakan sesuatu yang serius, Anda bisa mengatur suara untuk lebih serius.


(wolipop)