4 Makanan Ini Bisa Membuat Perut Anda Kembung | Lifestyle News 4 Makanan Ini Bisa Membuat Perut Anda Kembung | Lifestyle News

4 Makanan Ini Bisa Membuat Perut Anda Kembung

cara mengobati perut kembung
(Foto: Morguefile)
4 Makanan Ini Bisa Membuat Perut Anda Kembung - Perut kembung adalah dimana perut ditekan dari dalam, dan membuat perut tidak nyaman, sehingga aktivitas terganggu. Perut kembung bisa jadi disebabkan karena banyak minum air, makan sangat cepat, minum air es habis makan dan bisa juga karena gaya hidup yang jelek.

Kristi King, pakar diet dari Texas Children's Hospital dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics menjelaskan, perut kembung terjadi karena peningkatan gas atau konsumsi garam berlebihan. Terlalu banyak asupan garam atau sodium akan membuat tubuh menumpuk air. Tapi sebagian besar kasus perut kembung diakibatkan kelebihan gas yang terbentuk dari makanan, yang 'terperangkap' dalam perut dan tidak tercerna dengan baik.

Ini beberapa makanan yang bisa membuat perut terasa kembung, dan sebaiknya dihindari saat Anda terkena maag, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Brokoli & Kol
Beberapa jenis sayuran hijau seperti brokoli dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose. Keduanya sulit untuk dicerna dan dipecah oleh tubuh menjadi energi. Untuk menghindari kembung, sebaiknya tidak memakan dua sayuran ini mentah-mentah. Memasaknya akan membantu memecah karbo dan sulfur. Tidak perlu terlalu lama, cukup dimasak selama beberapa menit agar nutrisi pentingnya tetap terjaga.

2. Susu & Produk Olahannya
Tidak semua orang bisa kembung karena minum susu. Tapi banyak yang memiliki intoleransi laktosa, dimana tubuh tidak memiliki suatu enzim yang berfungsi memecah gula laktosa.

"Karena tidak punya enzim itu, bisa menyebabkan peningkatan gas akibat gula yang tidak tercerna. Jadi produk susu olahan bisa membuat perut kembung jika Anda intoleransi laktosa," kata King.

3. Makanan Tinggi Lemak
Mengonsumsi makanan berminyak dan tinggi lemak bisa memicu perut kembung karena lemak adalah substansi paling terakhir yang tertinggal di perut. Lemak dalam konsentrasi tinggi tidak bisa dicerna tubuh dengan baik sehingga terjadi penumpukan di perut.

"Semua jenis lemak perlu waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan karbohidrat atau protein," ujar King.

4. Junk Food
Kebanyakan junk tinggi lemak dan gula. Kombinasi keduanya bisa membuat perut terasa sangat penuh dan tidak nyaman. Saat mengonsumsi gula berlebihan, bakteri di dalam perut akan memakan gula yang sedang dicerna sehingga produksi gas lebih banyak. Itulah sebabnya kenapa setelah minum soda atau kue manis, Anda akan merasakan perut kembung, sakit bahkan kram.

(wolipop)