9 Efek Kesehatan Yang Timbul Bila Terlalu Gemuk

9 Efek Kesehatan Yang Timbul Bila Terlalu Gemuk
(Foto: Morguefile)
Tubuh gemuk itu terjadi karena makanan yang masuk ke tubuh sangat berlebihan yang membuat tidak seimbang nya asupan nutrisi dengan yang dibutuhkan tubuh, tidak olahraga, dan karena stres. Cara diet yang benar adalah menyeimbangkan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, memastikan jumlahnya tidak berlebihan sehingga semua nutrisi dipakai dengan efektif.

Dilansir Vemale.com, ketahuilah 9 efek kesehatan yang timbul bila terlalu gemuk.

1. Haid tidak teratur

Apabila terlalu banyak kandungan lemak di tubuh Anda, maka umumnya haid menjadi tidak teratur. Bisa mundur, bisa maju, dan bahkan bisa berhenti dalam beberapa waktu. Hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan metabolisme tubuh, yang turut disumbangkan oleh banyaknya lemak di dalam tubuh Anda.

2. Resiko penyakit jantung

Anda yang gemar makan makanan junk food, tentunya sulit terlepas dari kata gemuk. Dan ini akan menjadi salah satu pemicu terserang penyakit jantung. Tak heran bila di usia muda sudah banyak orang yang meninggal mendadak. Nah, ini disebabkan karena tubuh yang terlalu gemuk.

3. Otot melemah

Karena terlalu banyak lemak, otot menjadi terdesak serta terbungkus lemak. Akhirnya kondisi otot jadi melemah. Inilah yang menyebabkan orang gemuk enggan olahraga dan mudah sekali merasa lelah.

4. Tekanan darah tinggi

Apabila Anda juga penasaran mengapa tekanan darah selalu tinggi, maka alasannya adalah karena kandungan kolesterol di dalam darah Anda. Kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, dan hal ini sering ditemukan pada orang yang terlalu gemuk.

5. Arthritis

Penyakit ini biasanya menyerang persendian. Terjadi pada orang yang terlalu gemuk dan ada tekanan pada persendian yang menyebabkan peradangan pada sendi.

6. Tumit pecah-pecah

Bahkan kulitpun bereaksi pada tubuh yang terlalu gemuk. Saat telapak mendapatkan beban yang berat, maka umumnya terjadi keretakan pada kulit di tumit. Cenderung tumit yang pecah-pecah ini juga terasa sakit karena menahan beban tubuh yang ada.

7. Batu ginjal

Lemak juga menjadi salah satu pemicu batu ginjal, di mana lemak dapat menyumbat saluran pembuangan air urin. Rasanya akan sakit luar biasa, dan menyebabkan penyakit ginjal yang lebih berbahaya.

8. Kurang subur

Ketidakseimbangan hormon pada mereka yang bertubuh terlalu gemuk dapat menyebabkan rahim jadi tidak subur. Inilah mengapa mereka yang terlalu gemuk sulit sekali hamil, atau bahkan sering keguguran di usia kehamilannya.

9. Depresi

Depresi bukanlah sesuatu yang langka dialami mereka yang bertubuh terlalu gemuk. Hal itu umumnya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang kemudian mempengaruhi sisi psikologis seseorang.

Tidak ada satu sisi yang baik kan apabila Anda terlalu gemuk? Untuk itu mari mulai hidup sehat, menata makanan mana yang baik untuk tubuh dan tetap berolahraga. Jaga keseimbangan metabolisme tubuh serta lemak di dalamnya, jangan sampai jumlah lemak ini mengganggu kehidupan dan kesehatan Anda.

(vemale)