8 Faktor Penyebab Keriput Pada Wajah Anda

8 Faktor Penyebab Keriput Pada Wajah Anda
(c) Morguefile
8 Faktor Penyebab Keriput Pada Wajah Anda | penyebab wajah keriput | wajah tidak keriput kumpulan tips | artikel wajah tidak keriput | herbal wajah tidak keriput | resep wajah tidak keriput | wajah tidak keriput kesehatan - Banyak wanita yang kuatir keriput menghampiri mereka. Karena keriput adalah masalah kulit paling utama terjadi bila sudah dewasa dan bertambahnya usia mereka.

Kulit wajah mulai keriput tidak hanya di sebabkan oleh faktor usia saja, banyak hal dan faktor lainnya yang bisa menyebabkan wajah berkeriput. Berikut 8 penyebab keriput pada wajah Anda yang kami lansir dari Vemale.com dibawah ini.

1. Hormon

Ternyata perubahan hormon dalam tubuh manusia juga bisa menyebabkan kulit wajah berkeriput. Hormon estrogen dalam tubuh saling berpengaruh terhadap produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Jika kadar estrogen terganggu, kulit pun akan terkena dampaknya.

2. Tertawa Berlebihan

Kok bisa tertawa itu membuat wajah tua? Padahal tertawa itu identik dengan awet muda. Ternyata permasalahannya adalah sering ketawa dengan terlalu keras dan kuat, jadi mulut akan nampak kerutan di wajah. Terlebih pada bagian pipi, karena adanya tekanan antara otot bibir dan tulang pipi.

3. Cemberut

Hampir sama dengan tersenyum, ekspresi wajah cemberut juga akan membuat keriput di wajah semakin jelas terlihat. Terlalu sering mengernyitkan dahi akan membuat lipatan keriput di bagian dahi atau tulang pipi menjadi merosot.

4. Minum dari sedotan

Saat menyeruput minuman dari sedotan, kulit pipi tersedot ke dalam dan bibir pun mengkerut. Jika terlalu lama akan meninggalkan jejak berupa kerutan di pipi dan sekitar bibir.

5. Matahari dan tanning

Keriput juga muncul akibat terkena panas matahari atau menggunakan metode pewarnaan kulit seperti tanning bed. Sinar UVA dan UVB yang menembus kulit akan berpengaruh pada pembentukan kolagen dan elastisitas kulit.

6. Pola makan tidak sehat

Tidak hanya perut yang perlu asupan makanan, kulit pun perlu diberi makan. Mencukupi asupan vitamin, mineral, dan protein dapat menghambat pembentukan kerutan pada wajah. Selain itu, kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Perbanyak konsumsi air putih agar kulit selalu sehat berseri.

7. Asap rokok dan polusi udara

Asap rokok dan nikotin dapat menjadi racun bagi tubuh yang juga berdampak negatif terhadap kesehatan kulit. Saat asap rokok diserap kulit, kulit akan mengerut, kering, dan kusam. Kondisi serupa juga terjadi saat kulit diterpa polusi udara.

8. Genetik

Tak sedikit wanita yang mengeluhkan keriput di kulit pada usia yang masih cukup muda. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik yang menurun dalam keluarga.

Itulah 8 faktor penyebab keriput di wajah. Hindari ke delapan faktor di atas bila ingin terhindar dari keriput dan wajah cepat tua. Selain itu, rajinlah merawat kulit wajah dengan menggunakan bahan alami. Karena produk kosmetik cuma akan nampak hasilnya bila Anda sedang menggunakannya. Beda dengan perawatan alami, walaupun lama tapi hasilnya akan memuaskan dan alami. Semoga bermanfaat!