7 Cara Mencuci Wajah Yang Benar

7 Cara Mencuci Wajah Yang Benar
(c) Morguefile
7 Cara Mencuci Wajah Yang Benar - Mencuci wajah adalah hal yang sangat gampang dan sepele sekali dilakukan. Wajah yang tetap bersih akan mencegah berbagai masalah kulit pada wajah, seperti jerawat. Tapi perlu di ingat, bahwa salah dalam mencuci dan membersihkan wajah justru akan membuat kulit wajah jadi berkerut, muncul jerawat, kulit jadi kering dan iritasi.

Seperti dikutip dari Yahoo Shine, Dr. Jeannette Graf, M.D mengatakan, mencuci wajah itu punya caranya biar tidak timbul masalah pada kulit wajah. Berikut 7 cara mencuci wajah yang benar agar tidak terhindar dari semua masalah kulit.

1. Sabun pembersih wajah yang tepat

Pilihlah produk sabun pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Bila wajah Anda berminyak, lihat dikemasan apakah bisa digunakan untuk kulit atau buat kulit jenis lain. Dan jangan menggunakan sabun mandi batangan Anda untuk membersihkan wajah, karena sabun mandi batangan akan membuat kulit wajah Anda kering.

2. Bersihkan tangan terlebih dahulu

Sebelum membasuh muka dengan air, sebaiknya cuci bersih dulu tangan Anda. Karena bila tangan Anda belum di cuci, bisa jadi bakteri dan kuman di tangan akan berpindah ke wajah Anda. Akibatnya wajah tidak bersih meski Anda sudah mencuci dan malah akan menimbulkan berbagai masalah kulit akibat bakteri tersebut.

3. Cuci handuk seminggu sekali

Banyak yang tidak memperhatikan masalah kebersihan handuk. Padahal bakteri bisa menempel dan berkembang pada handuk bila jarang di bersihkan. Percuma saja kan sudah mencuci bersih wajah kalau handuk yang Anda gunakan buat mengeringkan wajah masih kotor.

Supaya bakteri dan kuman yang menempel pada handuk hilang, setidaknya cucilah handuk seminggu satu kali.

4. Cuci wajah dengan air hangat

Memberikan efek yang terbaik, gunakan air hangat untuk mencuci wajah. Jangan terlalu panas, tetapi juga jangan terlalu dingin. Kemudian setelah dikeringkan, gunakan pelembab atau krim perawatan Anda sehingga peresapannya sempurna.

5. Cleanser - Facial wash - Toner

Urutan yang tepat untuk membersihkan wajah adalah memakai cleanser terlebih dahulu. Cleanser akan membersihkan dengan formula khusus, yang kemudian residunya diangkat oleh facial wash, dan kondisi kulit kembali seimbang serta disegarkan oleh toner.

6. Cukup 2 kali sehari

Apabila ingin membersihkan kulit dengan menggunakan facial wash, cukup gunakan 2 kali sehari saja. Tujuannya adalah agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Gunakan facial wash di pagi hari untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit, berikut juga dengan sisa sel-sel kulit mati, dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa makeup dan debu kotoran setelah seharian berada di luar rumah.

7. Jangan terlalu sering scrubbing

Hindari terlalu sering menggunakan sabun muka yang mengandung scrub dan fungsinya sebagai exfoliation. Dr. Graf mengatakan, bahwa merawat kulit memang harus maksimal, tetapi juga sekaligus lembut. Apabila Anda sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit Anda akan rusak. Alhasil, bukan keindahan kulit yang Anda dapat, melainkan problem kulit yang semakin parah.

Itulah 7 cara yang benar mencuci wajah, pastikan Anda melakukan sesuai yang dikatakan  Dr. Grat di atas supaya masalah kulit di wajah Anda dapat teratasi.