8 Makanan Yang Dapat Mencegah Kebotakan Rambut | Lifestyle News 8 Makanan Yang Dapat Mencegah Kebotakan Rambut | Lifestyle News

8 Makanan Yang Dapat Mencegah Kebotakan Rambut

8 Makanan Yang Dapat Mencegah Kebotakan Rambut
(c) Pixabay
8 Makanan Yang Dapat Mencegah Kebotakan Rambut - Penyebab rambut botak dan rontok- Cara mencegah rambut rontok - Kebotakan tidak hanya sering di alami oleh pria, namun wanita juga bisa mengalami kebotakan bila masalah rambut rontok tidak cepat ditangani dan mendapat perawatan yang tepat. Rambut rontok tidak pandang usia, baik muda dan tua juga akan mengalami rambut rontok.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut rontok. Diantaranya adalah dengan mencukupi nutrisi yang berfungsi membuat akar rambut bisa kuat, seperti vitamin A, B, E, omega-3, dan mineral seperti potassium, magnesium, zat besi, perunggu, zinc dan antioksidan.

Beberapa makanan berikut apabila dikonsumsi sehari-hari dapat membantu Anda mencegah kebotakan. Berikut 8 makanan yang dapat mencegah kebotakan pada rambut seperti dilansir dari Vemale.

1. Telur

Di salam telur banyak sekali terdapat protein dan omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh rambut Anda. Selain itu telur juga merupakan sumber vitamin B yang dapat membantu mencegah kebotakan rambut Anda. Jadi, minimal konsumsi lah 1 telur sehari untuk membantu pertumbuhan rambut dan memperkuat akarnya.

2. Produk susu

Jika Anda lebih gemar mengonsumsi makanan nabati, setidaknya Anda harus mencukupi kebutuhan Anda dengan mengonsumsi produk susu. Yogurt dan susu rendah lemak, merupakan sumber vitamin A yang baik. Yang akan membantu meningkatkan produksi sebum sehingga mencegah kebotakan dengan cara alami.

3. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini memang tidak boleh dimakan setelah dipanaskan. Kabarnya akan menghasilkan racun apabila dipanaskan. Namun, bayam kaya akan antioksidan, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Selain itu, ia juga kaya akan potassium, omega-3, zat besi serta kalsium yang membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut.

4. Kacang-kacangan

Jika Anda ingin mencegah kebotakan, maka masukan menu kacang di dalam diet Anda. Kacang kaya akan protein, aneka vitamin, serta mineral dan phytochemical yang bermanfaat sekali dalam memecahkan problem kebotakan serta rambut rontok.

5. Kacang merah

Anda mungkin sudah berpikiran negatif ketika melihat kacang merah ada di dalam mangkuk salad. Tetapi, memang sebaiknya kacang merah yang Anda konsumsi karena ia dapat menyediakan protein, mineral serta mencegah kebotakan.

6. Ikan

Kandungan protein di dalam ikan sangatlah baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Khususnya ikan salmon, tuna, mackerel dan ikan cod yang merupakan sumber terbesar dari protein serta omega-3.

7. Wortel

Untuk mencegah kebotakan dan kerontokan rambut, asupan vitamin A dan betakaroten dari wortel ini akan sangat penting. Fungsinya adalah membantu memproduksi sebum di kulit kepala yang akan memicu pertumbuhan rambut.

8. Oatmeal

Awali hari Anda dengan oatmeal sebagai menu sarapan pagi. Oatmeal mungkin sepertinya remeh, namun punya banyak kandungan vitamin, mineral, protein, potassium, zinc, copper, magnesium, zat besi serta fosfor.

Membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak mengonsumsi junk food yang bikin gemuk dan malah mengganggu pertumbuhan rambut.

Itulah 8 makanan yang dapat membuat rambut Anda kuat dan terbebas dari masalah rambut rontok. Ladies, lebih baik mencegah rambut rontok dari pada mengobatinya. Ingat, rambut rontok bila tidak cepat di tangani bisa membuat rambut Anda botak. Tak mau kan rambut indah kamu jadi botak? Makanya masukkan ke 8 jenis makanan di atas ke dalam konsumsi harian kamu ya. Sekian dan semoga bermanfaat.