8 Penyebab Sakit Punggung Yang Harus Anda Hindari | Lifestyle News 8 Penyebab Sakit Punggung Yang Harus Anda Hindari | Lifestyle News

8 Penyebab Sakit Punggung Yang Harus Anda Hindari

Penyebab sakit punggung - Sakit pada punggung atau rasa nyeri pada punggung memang sangat menyiksa dan akan mengganggu aktivitas Anda. Apalagi pekerjaan yang Anda lakukan merupakan jenis pekerjaan yang sangat menguras tenaga, pasti setiap saat Anda tidak masuk kerja.

penyebab sakit punggung
(c) Pixabay.com
Para peneliti juga mengungkapkan, dibanding dengan nyeri pada bagian tubuh lainnya, nyeri pada bagian punggung memang sangat tak nyaman dan membuat seseorang akan tidur terus karena tak mampu duduk dan berdiri.

Nyeri dan sakit pada punggung memang tidak muncul secara tiba-tiba, banyak hal yang tidak Anda duga adalah pemicu sakit punggung. Bahkan hal yang Anda anggap remeh dan sering Anda lakukan setiap hari tanpa Anda sadari juga penyebab nyeri punggung. Seperti dikutip dari Huffington Post, ini hal-hal kecil yang menyebabkan sakit punggung.

Penyebab Sakit Punggung


1. Tas

Tas yang terlalu berat adalah salah satu penyebab munculnya sakit punggung. Jika Anda terbiasa membaca benda-benda berat dalam tas sebaiknya mulai kurangi kebiasaan itu mulai sekarang. Jangan menggunakan tas yang terlalu berat setiap hari.

2. Kasur

Berdasarkan spine-health.com, menggunakan kasur yang tak bisa memberikan cukup topangan untuk tulang juga bisa menyebabkan sakit punggung. Kasur dengan kualitas buruk akan menyebabkan postur tubuh yang buruk, otot yang kaku, cedera, serta buruk untuk persendian. semua masalah tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan sakit punggung.

3. Komputer

Penyebab sakit punggung lainnya adalah komputer. Jika Anda bekerja di kantor dan menggunakan komputer seharian, bisa jadi Anda berisiko terkena penyakit punggung. Menggunakan komputer seharian identik dengan postur duduk yang buruk dan bisa menyebabkan rasa nyeri punggung. Untuk mencegahnya, duduklah dengan postur yang benar dan tata meja kerja Anda dengan baik.

4. Sepatu

Memilih sepatu juga penting untuk menjaga kesehatan punggung dan mencegah nyeri pada punggung. Salah satu sepatu yang buruk untuk punggung adalah sepatu hak tinggi. Sepatu hak tinggi akan membuat tubuh lebih condong ke depan sehingga membuat tulang belakang bekerja lebih keras.

5. Dompet

Meletakkan dompet tebal di saku belakang, seperti yang sering dilakukan oleh pria bisa menyebabkan sakit punggung. Berdasarkan situs everydayhealth.com, kebiasaan ini bisa memicu sakit punggung karena duduk pada dompet yang terlalu tebal dalam waktu yang lama bisa memberikan tekanan pada otot di dalamnya.

6. Kurang olahraga

Ketika merasakan sakit punggung seseorang biasanya akan beristirahat dan tak berani bergerak. Padahal menurut NHS, jika ingin segera sembuh dari sakit punggung, Anda justru harus tetap aktif dan melakukan olahraga seperti biasa. Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit punggung.

7. Telepon genggam

Seperti dilansir oleh Healthcentral.com, menggunakan telepon genggam dalam waktu yang terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit punggung. Hal ini karena biasanya ketika menggunakan telepon genggam, seseorang akan mencondongkan lehernya dan membuat postur yang aneh. Jika ini berlangsung lama, bukan tak mungkin Anda akan mengalami sakit punggung.

8. Bersepeda

Penyebab sakit punggung yang terakhir adalah bersepeda. Berdasarkan prevention.com, sakit punggung juga bisa dipicu oleh kebiasaan bersepeda Anda. Ini bisa terjadi jika dudukan sepeda tidak pas dengan postur tubuh saat bersepeda. Postur yang buruk saat bersepeda karena letak dudukan yang tak tepat bisa memicu sakit punggung.

Itulah beberapa hal kecil penyebab sakit punggung yang sering Anda remehkan ternyata dapat memicu nyeri pada punggung. Nah, coba kurangi hal-hal di atas, dan tanpa meminum obat sakit punggung, rasa sakit atau nyeri pada punggung Anda akan segera teratasi. Semoga bermanfaat!