5 Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami | Lifestyle News 5 Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami | Lifestyle News

5 Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

Mengatasi sakit gigi dan gigi berlubang - Menjaga Kesehatan gigi adalah salah satu kunci agar gigi tidak berlubang. Masalah gigi berlubang memang di Indonesia merupakan negara yang banyak penduduknya menderita yang namanya gigi berlubang. Banyak orang yang menganggap gigi berlubang hal yang sepele, kecuali bila gigi mereka sudah mulai sakit, baru akan di obati.

perawatan gigi berlubang
Gigi sehat (c) Pixabay.com
Gigi yang sudah berlubang bila di biarkan begitu saja pasti akan membesar lubangnya, dan akan menyulitkan Anda waktu mengkonsumsi makanan. Selain itu, gigi berlubang bila tidak dicabut akan membuat gigi tersebut membusuk dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa sewaktu Anda mengkonsumsi makanan.

Nah, sebelum gigi Anda berlubang, mencegah merupakan hal yang patut Anda lakukan. Karena menurut pakar gigi, gigi berlubang itu bisa dicegah. Bila Anda tidak mau merasakan rasa sakit yang luar biasa, mencegah bukankah lebih baik dari pada mengobati? Seperti dikutip dari Health Me Up, berikut cara mencegah gigi berlubang secara alami.

1. Floss

Masyarakat di Indonesia memang masih jarang yang rutin menggunakan dental floss. Padahal melakukan floss setelah sikat gigi juga penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mencegah gigi berlubang. Sikat gigi tak bisa menjangkau semua bagian gigi, sehingga pasti ada sisa makanan atau partikel yang terselip di sela-sela gigi dan bisa menyebabkan gigi berlubang. Karena itu, sebaiknya bersihkan gigi dengan dental floss dua kali sehari, terutama setelah makan siang dan makan malam.

2. Menggosok gigi

Untuk mencegah gigi berlubang, menggosok gigi adalah hal yang wajib dilakukan. Ketika gigi tidak digosok dengan teratur, partikel yang menempel pada gigi akan mengeluarkan asam dan membuat enamel berlubang. Karena itu, sebaiknya selalu sikat gigi minimal dua kali sehari.

3. Berkumur

Selain menggosok gigi dan membersihkan gigi dengan dental floss, sebaiknya juga kumur-kumur untuk menghilangkan partikel dari gigi. Selain menghilangkan asam pada mulut, berkumur juga penting untuk mencegah gigi berlubang.

4. Hindari junk food

Makanan seperti junk food yang terlalu banyak mengandung karbohidrat, gula, lemak, dan zat tepung buruk untuk gigi. Jika ingin terhindar dari gigi berlubang, masalah bau napas tak sedap, atau penyakit gusi, maka hindari mengonsumsi junk food.

5. Kunjungi dokter gigi secara teratur

Banyak orang yang tak suka mengunjungi dokter gigi. Kemungkinan karena alat-alatnya yang tampak menakutkan. Namun mengunjungi dokter gigi secara teratur, enam bulan sekali, penting untuk menjaga kesehatan gigi. Dokter akan tahu ketika gigi Anda mulai berlubang dan segera merawatnya agar tak sampai menyebabkan sakit gigi atau lubang semakin membesar.

Itulah beberapa cara mencegah gigi berlubang secara alami. Bila cara di atas rutin Anda lakukan, Anda tidak perlu merasakan yang namanya sakit gigi yang sangat menyiksa. Setelah mengetahui cara mencegah gigi berlubang, bagi Anda yang menderita sakit gigi, baca juga cara mencegah sakit gigi, dan cara mengatasi gigi ngilu. Semoga bermanfaat!