6 Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Cara Mengatasinya | Lifestyle News 6 Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Cara Mengatasinya | Lifestyle News

6 Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Cara Mengatasinya

Penyebab kolesterol tinggi - Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak. Kolesterol terlalu tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan Anda obesitas, dan rawan akan penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kadar kolesterol di dalam tubuh, dengan cara memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.


penyebab kolesterol
Penyebab kolesterol (c) Pixabay.com
Makanan penyebab kolesterol tinggi umumnya makanan yang mengandung santan, dan akan memicu timbulnya kolesterol tinggi. Seperti dilansir dari Health.com, penyebab kolesterol tinggi tidak hanya makanan yang berlemak, banyak sekali penyebab lainnya yang tak terduga dapat memicu kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda. Berikut penyebab kolesterol tinggi.

Penyebab Kolesterol


1. Makanan

Makanan yang menyebabkan kolesterol paling serius adalah santan dan makanan berlemak. Tapi bukan berarti di dalam tubuh Anda kolesterol dan lemak tidak berguna, Anda sangat membutuhkannya, namun dalam porsi yang sedikit dan tidak berlebihan. Jadi, jangan banyak-banyak makan gulai, rendang, opor ayam dan lainnya ya.

2. Berat badan

Penyebab kolesterol selain makanan yang berlemak adalah kelebihan berat badan. Bila Anda gemuk dan lemak ada dimana-mana, hal ini akan meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Jadi solusinya adalah perbanyak olah raga ringan dan banyak-banyak minum air putih untuk membuat tubuh selalu kenyang dan akan mencegah Anda untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak.

3. Aktivitas

Bila Anda sering duduk dan jarang melakukan aktivitas, hal ini akan meningkatkan LDL, atau kolesterol jahat dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Jadi, bila tempat kerja Anda dekat dengan kediaman Anda, sekali-kali Anda bisa berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, keringat akan keluar dan akan terhindar dari kolesterol tinggi.

4. Usia dan jenis kelamin

Sudah umum jika usia adalah penentu kadar kolesterol. Umumnya, ibu atau ayah Anda yang sering mengalami kolesterol tinggi. Namun kadar kolesterol mulai nampak tinggi saat Anda sudah mencapai usia 20 tahun-an.

5. Riwayat keluarga

Penyebab kolesterol selain faktor usia adalah riwayat keluarga. Jika salah satu atau malah beberapa anggota keluarga ada yang mengalami kolesterol tinggi, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengalaminya.

6. Merokok

Meroko selalu buruk, termasuk untuk kadar kolesterol Anda. Merokok diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan menjadikan tubuh rentan terhadap penyakit. Bila Anda perokok dan ingin menghilangkan racun atau nikotin di dalam tubuh, Anda wajib mengetahui makanan yang dapat membuang nikotin di dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa penyebab kolesterol. Selain menghindari beberapa hal di atas, untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda, Anda bisa membaca artikel yang sebelumnya kami posting yaitu makanan penurun kolesterol tinggi dengan cara alami. Semoga bermanfaat!