Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Manfaat buah delima - Delima atau dalam Bahasa latin disebut dengan punica granatum l. merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga punicaceae. Buah delima ini berasal dari timur tengah dan mampu tumbuh pada ketinggian 100 m di atas permukaan laut. Buah delima sering ditanamn di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk diambil buahnya. Buah delima ini adalah salah satu buah yang memiliki khasiat serta manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan yang terdapat dalam buah delima adalah alkaloid, pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat serta pati yang terkandung di dalam kulit buah delima ini. Jika Anda senang mengkonsumsi jus buah delima, jus tersebut mengandung asam nitrat, sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltose, vitamin A dan Vitamin C dan tanin. selain itu jus ini memiliki berbagai mineral di dalamnya seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, serta kalium.


manfaat buah delima
Manfaat buah delima (c) satuislam.com
Selain buahnya, hampir semua bagian dari tanaman buah delima ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima dan khasiat buah delima untuk mengatasi berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh Anda.

Secara umum, daging buah delima dapat digunakan sebagai penurun berat badan, mengobati cacingan, sariawan, tenggorokan sakit, suara parau, hipertensi, terlalu sering kencing serta perut yang kembung.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara pemanfaatan buah delima dan manfaat buah delima bagi kesehatan.


Manfaat Buah Delima

1. Sering Kencing

Manfaat buah delima yang pertama untuk mengatasi sering kencing. Ambil isi buah delima tentunya yang masih segar dan telah masak sebanyak satu buah. Selain itu ambil segenggam kuaci dan potong - potong seperlunya. Rebus potongan - potongan tersebut dengan tiga gelas air sampai tersisa separuhnya. Sebelum diminum dinginkan terlebih dahulu. Minumlah dua kali sehari agar Anda tidak terlalu sering kencing.

2. Manfaat Buah Delima Mengatasi Sariawan

Ambil isi perut berikut durinya dari dua buah delima yang segar dan masak lalu tumbuk semuanya hingga halus. Setelah halus, tambahkan satu gelas air dan aduk hingga tercampur rata. Saring agar ampasnya terpisah dan gunakan untuk berkumur lalu telan airnya. Lakukan cara ini 2 hingga 3 hari sampai sariawan anda sembuh.

3. Batuk Yang Sudah Berlangsung Lama

Ambil buah delima yang masih setengah matang atau belum masak. Kunyah biji delima tersebut setiap malam. Setelah itu, muntahkan bijinya.

4. Suara Serak Dan Tenggorokan Kering

Sama seperti untuk menghilangkan batuk, ambil buah delima lalu kunyah bijinya. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

5. Cacingan

Caranya cukup mudah, campur jus delima dengan jus wortel dengan perbandingan yang sama. Aduk hingga rata lalu minumlah campuran jus tersebut sekaligus.

6. Wasir

Gunakan jus delima untuk mengkompres wasir yang sedang meradang. Lakukan secara rutin hingga radang tersebut hilang.

Itulah beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan. Nah, di bawah ini adalah manfaat kulit delima bagi kesehatan.

Selain buahnya, kulit buah delima juga memiliki manfaat. Manfaat tersebut antara lain adalah untuk mengobati sakit perut karena cacing, buang air besar yang mengandung darah dan lendir (disentri amuba), diare kronis, perdarahan seperti pada wasir yang berdarah. Caranya cukup mudah, rebus kulit dari buah delima kering dan serbuk biji pinang masing – masing sebanyak 15 g. setelah itu didihkan dengan api kecil selama satu jam. Setelah dingin saring dan minum sekaligus ramuan tersebut.

Akar delima juga memiliki khasiat, berikut ini adalah manfaat dari akar buah delima.

1. Cacingan

Pertama, cuci akar delima lalu keringkan, Kira - kira sebanyak 7 g. setelah kering potong - potong seperlunya. Rebus dengan air selama 15 menit lalu angkat dan dinginkan. Setelah dingin, saring dan minum rebusan dari akar delima tersebut sekaligus.

2. Keputihan

Rebus akar delima kering sebanyak 30 g dan herba sambiloto sebanyak 15 g dengan satu liter air. Rebus hingga air tersisa separuhnya. Setelah itu, minum ramuan ini tiga kali sehari. Anda juga dapat menggunakan ramuan ini untuk mengompres Miss V Anda.

Berikut ini adalah manfaat bunga dari pohon delima.

1. Luka

Campurkan serbuk dari kulit buah atau dari bunga delima dengan minyak wijen. Aduk sampai merata lalu oleskan campuran tadi ke bagian tubuh yang luka.

2. Pendarahan

Ambil bunga delima sebanyak 29 g lalu rebus menggunakan tiga gelas air hingga tersisa separuhnya. Minum rebusan tersebut dua kali sehari secara rutin hingga pendarahan Anda terhenti.

Itulah beberapa manfaat lengkap delima, seperti manfaat buah delima, manfaat kulit delima, manfaat akar buah delima, dan manfaat dari batang pohon delima. Semoga bermanfaat!