7 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Manfaat buah durian - Di Indonesia, siapa yang tidak mengenal buah ini. Buah dengan kulit yang berduri dan terkenal dengan baunya yang sangat menyengat ini memang sangat terkenal. Buah durian adalah salah satu tumbuhan tropis dan berasal dari asia tenggara. Dalam Bahasa inggris, buah durian terkenal dengan sebutan king of fruits. Buah durian memang memiliki rasa yang dikmat dan termasuk buah favorit bagi kebanyakan orang. Buah ini memiliki rasa yang manis agak pahit, berbau menyengat, berwarna kuning serta memiliki duri di bagian kulitnya.

manfaat buah durian
Manfaat buah durian (c) mindtalk.com
Memang bagi orang yang tidak menyukai buah ini, pasti akan pusing bahkan merasa mual jika mencium bau buah ini. Namun bagi penggemar buah ini, justru bau dan rasa durian ini menjadikan buah ini semakin nikmat. Musim durian selalu ditunggu oleh penggemar buah ini. Lalu apakah Anda tahu manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh manusia?

Seperti yang telah dijelaskan bahwa buah durian terkenal dengan sebutan king of fruits. Hal ini disebabkan karena di dalam buah durian terkandung berbagai nutrisi seperti karbohidrta, protein, serat, vitamin B1 dan B2, Vitamin C, Kalium, Kalsium serta fosfor dengan kadar yang tinggi. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah durian ini akan membuat tubuh Anda tetap sehat dan selalu fit saat melakukan aktivitas sehari – hari. Pada artikel kali ini, akan dibahas dan diulas apa saja manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh kita.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, ini 7 khasiat buah durian dan manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Buah Durian

1. Sebagai Suplemen Untuk Mengurangi Rasa Capek

Anda memiliki masalah dengan stamina Anda? Atau Anda sering merasa cepat capek saat beraktivitas sehari – hari? Mungkin Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah durian. Di dalam 100 g daging buah durian terkandung karbohidrat yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh sebesar 21 %. Dengan kandungan karbohidrat tersebut maka tidak heran jika buah durian dapat menambah energy tubuh Anda dengan cepat, sehingga Anda tidak akan mudah lelah meskipun dengan aktivitas yang padat serta menguras tenaga.

2. Penangkal Depresi Secara Alami

Manfaat buah durian yang kedua sebagai penangkal depresi. Di dalam buah durian terkandung vitamin B6 yang berfungsi untuk memproduksi serotin. Serotin sendiri adalah zat yang mampu untuk mengurangi depresi yang sedang menyerang Anda. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan buah ini sebagai obat untuk mengurangi depresi Anda.

3. Nutrisi Bagi Tulang Serta Gigi

Telah dijelaskan bahwa buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan Vitamin B2. Semua nutrisi tersebut berguna untuk mensuplai kebutuhan nutrisi tuang dan gigi anda. Oleh karena itu, jika anda mengkonsumsi buah durian anda akan menjaga kesehatan tulang dan gigi anda.

4. Membuat Kulit Awet Muda

Buah durian memiliki kandungan sumber vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin C sangat berguna untuk mengangkal radikal bebas. Oleh karena itu, jika Anda mengkonsumsi buah durian, vitamin C yang ada pada buah ini akan memperlambat proses penuaan pada kulit Anda.

5. Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Selain membuat kulit awet muda, manfaat buah durian lainnya adalah membuat pencernaan lancar. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah durian dapat membantu kerja sistem pencernaan anda. Organ pencernaan Anda dapat bekerja lebih maksimal dengan mengkonsumsi buah ini. Oleh karena itu, berbagai masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar akan berkurang dan sistem pencernaan Anda tetap sehat.

6. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Di dalam buah durian terkandung zat yang bernama mangan. Mangan sendiri sangat berguna untuk mengontrol kadar gula di dalam darah anda agar tetap normal.

7. Solusi Anemia (kekurangan darah)

Buah durian mengandung folat, tembaga serta zat besi yang cukup tinggi. Zat – zat tersebut sangat berguna dalam mengatasi gejala anemia atau kekurangan darah merah yang dapat menimpa Anda.

Dari penjelasan di atas, telah jelas bahwa buah durian selain memiliki rasa yang nikmat, buah durian juga berkhasiat serta memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai buah durian ini jangan khawatir jika hendak memakan buah ini. 

Itulah beberapa manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh manusia. Selain manfaat durian di atas, lihat manfaat durian lainnya yang mungkin belum Anda ketahui di tautan ini. Semoga bermanfaat!