Mengintip Beragam Manfaat Daun Pepaya Yang Jarang Diketahui | Lifestyle News Mengintip Beragam Manfaat Daun Pepaya Yang Jarang Diketahui | Lifestyle News

Mengintip Beragam Manfaat Daun Pepaya Yang Jarang Diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan pohon pepaya. Selain rasa buahnya yang manis, ternyata buah pepaya menyimpan beragam manfaat. Siapa sangka manfaat daun pepaya yang seringkali tidak diketahui orang justru sangat berguna. Pohon pepaya dapat tumbuh subur dimanapun. Biasanya pohon pepaya tumbuh subur di pekarangan rumah anda. Anda akan mudah menjumpai pohon pepaya di dekat rumah-rumah penduduk di pedesaan. Meski begitu saat ini manfaat daun pepaya sering diremehkan orang. 

Selain rasanya yang pahit, daun pepaya juga memiliki tekstur yang sedikit keras. Karena hal itu sebagian orang pada zaman sekarang selalu mengesampingkan banyaknya manfaat daun pepaya. Bahkan hanya beberapa orang tua yang menyempatkan menyantap lalapan daun pepaya. Namun jika kita dapat mengintips lebih dalam sebenarnya ada beribu macam manfaat dari daun pepaya. Agar kalian lebih memahami manfaat daun pepaya dalam kehidupan sehari-hari, yuk intip informasinya di bawah ini:
Manfaat daun pepaya bagi kesehatan
Manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan
Beragam manfaat daun pepaya bagi kesehatan

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang berbagai macam manfaat dari daun pepaya, ada baiknya kita mengetahui kandungan atau zat yang terkandung dalam daun pepaya. Daun pepaya yang anda kenal selama ini ternyata memiliki kandungan vitamin yang luar biasa. Kandungan vitamin B, A, C, D dan E akan anda temukan di daun pepaya. Selain itu daun pepaya juga banyak mengandung kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang manusia.

Anti kanker

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan anda yang pertama adalah sebagai zat anti kanker. Tidak banyak orang pada masa kini mengerti tentang manfaat yang satu ini. Daun pepaya sebenarnya memilki enzim tertentu. Kandungan enzim inilah yang mampu menolong tubuh seseorang dalam melawan panyakit mematikan seperti kanker. Berbagai macam kanker dapat dilawan oleh daun pepaya.
Jika anda mengenal istilah kanker lehar rahim, tumor, kanker paru-paru pastinya anda setuju jika penyakit tersebut sangatlah mematikan. Namun anda tidak perlu khawatir karena sifat melawan kanker merupakan bagian dari manfaat daun pepaya. Meski daun pepaya terasa pahit, anda tetap dapat memanfaatkannya dengan melumerkan daun pepaya tersebut menjadi jus. 
 
Pengobatan Herbal

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah sebagai penghambat berkembangnya bakteri dan pengobatan herbal. Daun pepaya yang telah dilolah menjadi jus daun pepaya memiliki kandungan atau senyawa karpain yang berjumlah lebih dari 50 bahan aktif. Senyawa karpain inilah yang berfungsi sebagai penghambat adanya sel kanker. Ini merupakan bukti nyata adanya manfaat daun pepaya yang jarang diketahui orang. Manfaat lain dari jus daun pepaya adalah sebagai pengobatan herbal yang manjur sekali. 

Perlu anda ketahui bahwa di dalam daun pepaya terdapat tanin yang berfungsi sebagai pelindung usus yang ada di dalam tubuh seseorang. Dengan begitu cacing yang akan menempel pada usus dan menyebabkan penyakit tifus akan hancur.

Itulah sejumlah manfaat dari kandungan daun pepaya bagi kesehatan. Masih banyak manfaat lain dari daun pepaya yang belum diketahui banyak orang hingga kini.

Beragam manfaat dari daun pepaya bagi kecantikan

Selain berfungsi sebagai pengobatan herbal dan anti kanker diatas, daun pepaya memiliki segudang manfaat untuk menjaga kecantikan alami kulit anda.

1. Membersihkan kulit

Manfaat daun pepaya yang bisa anda dapatkan adalah sebagai pembersih kulit wajah. Daun pepaya yang sudah terbukti memiliki senyawa karpain dan baik untuk kesehatan ternyata memiliki manfaat lain yaitu untuk merawat kulit wajah agar menjadi lebih cerah dan bersih. Senyawa tersebut berperan akti dalam menyamarkan noda hitam dan jerawat yang membandel.

2. Penghilang ketombe


Manfaat dari daun pepaya untuk kecantikan selanjutnya adalah sebagai penghilang ketombe. Percaya atau tidak, sekarang ini banyak produsen shampo yang menggunakan ekstra daun pepaya untuk menghilangkan ketombe. Senyawa karpain pada daun pepaya ternyata sangat berguna untuk memperbaiki permasalahan rambut. Penggunaan daun pepaya ini tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kecantikan rambut anda.

3. Kondisioner alami rambut


Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah sebagai kondisioner alami untuk rambut. Perbaduan antara santan dan madu juga akan menambah kelembutan rambut anda. beberapa manfaat daun pepaya dapat anda praktekkan untuk kecantikan anda.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya yang tidak diketahui banyak orang. Jika anda dapat memanfaatkan semua kandungan yang terdapat pada daun pepaya maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang berlipat ganda. Selain manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan diatas, masih banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari daun pepaya.

Lihat juga:
Manfaat daun ketumbar
Manfaat buah sirsak
Manfaat buah singkong