Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut Hingga 50 Persen | Lifestyle News Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut Hingga 50 Persen | Lifestyle News

Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut Hingga 50 Persen

Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut Hingga 50 Persen
Ngopi (Foto: Morguefile)
Seperti dikutip DailyMail.co.uk, para peneliti dari American Cancer Society, Atlanta, mengatakan bahwa efek pelindung ini bukan berasal dari kafein, tapi kandungan ratusan antioksidan alami lainnya yang ditemukan dalam kopi.

Hasil tersebut memvalidasi penelitian dua tahun lalu oleh sekelompok peneliti, yang menyatakan bahwa empat cangkir sehari menurunkan risiko kanker hingga 39 persen, menurut laporan American Journal of Epidemiology.

Para konsumen Inggris tercatat menghabiskan 70 juta cangkir kopi dalam sehari. Minuman populer ini juga dikaitkan bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker usus, stroke dan penyakit Alzheimer.

Namun, minum terlalu banyak juga bisa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Wanita hamil disarankan sebaiknya untuk membatasi asupan kopi dan jangan berlebihan, karena khawatir bisa meningkatkan peluang memiliki bayi yang kecil.

Lebih dari 6.000 orang per tahun di Inggris didiagnosis dengan kanker mulut dan penyakit ini sudah membunuh sekitar 1.600 orang setiap tahunnya.


(vemale)