Inilah 7 Sosok Hantu Yang Dipercaya Ada di Hotel Niagara Malang

Hotel Niagara Malang
Via kapanlagi
Kalau kamu punya waktu berlibur ke Malang dan bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, mungkin kamu bisa mencoba menginap di hotel Niagara. Terletak di sebuah kawasan bernama Lawang, hotel Niagara bakal kamu lewati jika kamu berasal dari arah Surabaya. Berwarna merah muda jambu, hotel dengan tinggi lima lantai ini memang sudah cukup tua.

Sejarah mencatat jika hotel Niagara dibangun oleh arsitek Brasil bernama Fritz Joseph Pinedo pada tahun 1918 yang berarti hotel Niagara sudah berusia 97 tahun! Dengan usia yang hampir satu abad, hotel Niagara diikuti oleh kisah-kisah angker mengenai penampakan hantu. Tak heran jika banyak di antara pengunjung menginap sengaja untuk membuktikan apakah memang sosok-sosok hantu itu ada di hotel Niagara.

Dilansir berbagai sumber, inilah tujuh sosok hantu yang dipercaya penasaran dan ada di sekitar hotel Niagara. Pertanyaannya, apakah kamu percaya dan ingin membuktikannya sendiri? Semoga beruntung ya.

1. Misteri Ketukan Malam Hari

Kisah ini dialami seorang pria yang tengah berlibur ke Malang usai Lebaran pada tahun 2008 silam. Namun perasaan aneh sudah terasa kala mereka menginap di hotel Niagara. Di mana mobil yang ada di parkiran rupanya hanya ada dua buah dan terasa suasana yang begitu sepi. Keanehan dan sunyi senyap makin terasa kala sudah malam di mana suasana hotel Niagara menjadi sangat sepi. Karena kelelahan, pria itupun kemudian tidur bersama keluarganya.

Tiba-tiba saat dini hari, pria ini mendengar suara ketukan di pintu kamar. Penasaran dia keluar tapi tak melihat siapapun di lorong lantai yang remang. Waktu pintu itu kembali ditutup, suara ketukan kembali terdengar dan tak ada siapapun di sana. Merasa sebal, pria ini membuka sedikit pintu kamarnya dan terus menanti. Betapa kagetnya saat suara ketukan kembali muncul di pintu yang sedikit terbuka tanpa ada sosok manusia di sana.

2. Ada Gadis Gantung Diri

Ada yang percaya bahwa hotel Niagara memang berhantu, tapi tak sedikit yang menilai jika kisah hantu di Niagara hanyalah bualan samata. Disebut bualan karena banyak yang menilai jika kisah angker bisa dihembuskan kepada bangunan kuno seperti hotel Niagara. Namun beberapa warga sekitar justru mengaku cukup ngeri dengan kondisi hotel Niagara. Bahkan ada yang melihat penampakan di jendela salah satu kamar di lantai empat yang tak berpenghuni.

Usut punya usut, disebutkan kalau pernah ada seorang perempuan Belanda yang gantung diri di sebuah kamar di lantai empat. Perempuan ini mengakhiri hidupnya karena cemburu melihat sang suami dengan perempuan lain. Karena kejadian itu, Niagara sempat menghentikan operasional di lantai empat. Beberapa orang yang melintas mengaku melihat penampakan hantu perempuan dengan wajah mengerikan di jendela kamar kosong itu. Jadi, siapakah sosok itu?

3. Hantu Gadis di Atap

Salah satu lokasi favorit di hotel Niagara adalah bagian atap hotel kuno itu. Untuk mencapai bagian atap, kamu bisa menaiki tangga setinggi 4-5 meter. Di atap rupanya ada meja bulat yang dibuat dari batu cor kokoh yang bisa dijadikan tempat nongkrong sambil melihat pemandangan malam hari yang indah. Bayangkan saja, di bagian barat hotel Niagara ada gunung Semeru dan bagian timur adalah gunung Arjuna. Belum lagi kerlip lampu malam membuat makin istimewa.

Hanya saja, jangan kamu nikmati sendiri pemandangan malam di sana. Karena pernah ada seorang pengunjung pria yang iseng naik ke atap sendirian di malam hari. Dia melihat seorang perempuan cantik di atas atap tapi saat didekati, wajah perempuan cantik itu perlahan berganti jadi perempuan tua mengerikan. Saking takutnya, pria itu sempat diam tanpa ekspresi selama beberapa hari.

4. Tiga Sosok Noni Belanda

Dipercaya, ada tiga sosok hantu noni Belanda yang mendiami sebuah kamar terlarang di lantai tiga hotel Niagara. Namun cerita sosok hantu itu justru membuat banyak orang makin penasaran. Hanya saja tak sedikit yang mengalami kisah mengerikan, seperti yang dialami rombongan turis Belanda ini. Di mana mereka melihat tiga hantu noni Belanda yang dijuluki Three Beautiful Ghost Hotel itu.

Disebutkan, rombongan turis Belanda itu awalnya ingin menginap selama lima hari di lantai tiga, tapi kemudian cuma selama dua hari. Ada seorang turis yang melintasi sebuah kamar di lantai tiga yang sengaja tak dibuka untuk umum itu. Si turis kemudian mendengar suara tawa dari kamar terlarang itu. Penasaran dia mendekatkan telinga ke pintu kamar, tapi suara itu tiba-tiba hilang dan berganti sekelebat bayangan tiga orang noni Belanda melintas di depannya. Dan di malam kedua, turis itu melihat hantu noni Belanda berwajah pucat melintas di depan kamarnya dan duduk di salah satu sudut kamar yang dia tinggali.

5. Kamar Untuk Hantu

Kisah misteri hotel Niagara juga sering diikuti oleh manajemen hotel yang lumayan aneh. Sebuah kisah diceritakan oleh dua orang saudari yang iseng menginap di Niagara. Saat memasuki halaman hotel, mereka ternyata melihat banyak sekali sprei putih yang dijemur. Namun saat mau menyewa kamar, resepsionis hotel Niagara berkata jika semua kamar penuh dan hanya menyisakan satu kamar.

Dua kakak-beradik ini merasa makin aneh kala berjalan menuju kamar yang mereka pesan. Karena mereka menyadari tak ada satupun orang yang menginap di hotel itu yang berarti seluruh kamar kosong tapi mengapa resepsionis berkata kamar sudah full-booked? Dugaan pun muncul bahwa ada hari-hari tertentu di mana pegawai hotel memilih mengosongkan kamar dan disewakan pada sosok kasat mata. Apakah kamu percaya dengan dugaan itu?

6. Makam Misteri di Lantai Bawah

Dengan tinggi lima lantai dan arsitektur yang indah, pada eranya dibangun dulu hotel Niagara pernah jadi salah satu bangunan tertinggi di Asia. Bahkan tak berlebihan jika disebutkan kalau Niagara menjadi saksi bisu perkembangan sejarah Indonesia. Bisa saja kan hal-hal indah dan buruk sudah terjadi di hotel Niagara. Untuk hal buruk, banyak yang percaya itu terjadi kala hotel Niagara berdiri di masa penjajahan Belanda.

Waktu itu hotel Niagara sempat didiami oleh sekelompok orang Belanda dan malah jadi lokasi pembantaian. Lantai tiga dipercaya jadi tempat terbunuhnya tiga perempuan Belanda yang konon kini manjadi hantu. Lalu ternyata hotel Niagara punya ruang bawah tanah yang dipercaya menyimpan banyak mayat sehingga jadi latar belakang mengapa Niagara tampak angker dan berhantu. Jadi, apakah memang ada makam massal yang menyimpan mayat di sana?

7. Bayi Menangis di Toilet

Apa yang membuat hotel Niagara menarik perhatian turis? Tak lain karena tarifnya yang murah. Bayangkan saja, kamar paling mahal di hotel Niagara cuma dipatok Rp 90 ribu - Rp 150 ribu per malam. Namun harga semurah itu tentu disesuaikan dengan fasilitas yang ada. Termasuk penggunaan kamar mandi bersama yang ada di luar kamar. Hanya saja, ada sebuah mitos yang melarang pengunjung untuk ke kamar mandi lewat dari pukul dua malam.

Beberapa orang yang mencoba uji nyali melawan mitos itu mengaku mendengar suara tangisan bayi di kamar mandi yang gelap. Konon katanya, mereka yang berani ke kamar mandi di jam selarut itu, bakal melihat sosok hantu bayi dengan wajah mengerikan yang menatap dengan kosong. Jadi, apakah kamu berani membuktikannya dan menginap di hotel Niagara?

[Kapanlagi.com]