7 Penyebab Tubuh Bungkuk

Penyebab tubuh bungkuk  - Postur tubuh bungkuk atau cenderung miring ke kanan/kiri membuat penampilan seseorang kurang menarik. Mereka yang memiliki masalah postur ini kerap dianggap sebagai seseorang yang tidak percaya diri, malas atau tidak punya gairah hidup.
7 Penyebab Tubuh Bungkuk
(Foto: Tribunnews)

Anggapan tersebut belum tentu benar. Namun tubuh bungkuk atau postur yang kurang sempurna memang perlu ditangani dengan serius. Apabila dibiarkan terlalu lama ke dokter ahli tulang dan fisioterapi, bisa mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Seperti punggung dan leher yang sakit atau nyeri di pinggang. Sebelum memperbaikinya, Anda perlu tahu beberapa penyebab postur tubuh bungkuk agar mendapatkan penanganan yang tepat. Fisioterapis Dr. Tina Mahendakar memaparkannya, seperti dikutip dari Times of India via Wolipop.

1. Sering Menahan Rasa Sakit
Ketika merasakan sakit di otot punggung, leher atau bagian tubuh manapun, Anda cenderung akan membentuk posisi melingkar atau meringkuk untuk menahan rasa sakit. Jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, bisa menjadi kebiasaan. Saat merasakan sakit di perut, kepala atau bagian lainnya, usdahakan tidak menahannya dengan cara meringkuk. Tapi terlentang. Segera konsultasikan ke dokter apabila rasa sakit tak kunjung hilang.

2. Kurang Asupan Nutrisi
Tulang punggung dan belakang memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kuat dan tegap. Kekurangan nutrisi serta minimnya asupan vitamin dan kalsium bisa membuat tulang dan otot tidak cukup kuat dan fleksibel untuk membentuk postur tubuh yang sempurna.

3. Keturunan
Jika ayah atau ibu Anda bungkuk, kemungkinan besar Anda akan mengalami hal yang sama. Terkadang sekuat apapun Anda berusaha menahan tubuh tetap tegap, gen bawaan tetap bisa menghalangi Anda mendapatkan postur tubuh yang benar. Jangan khawatir, postur bungkuk karena faktor genetik bisa diatasi dengan menemui dokter tulang atau fisioterapi. Lebih dini lebih baik, dan penanganannya pun lebih mudah dan cepat.

4. Kelebihan Berat Badan
Berat yang terlalu berlebih juga bisa jadi salah satu penyebab postur yang bungkuk. Wanita dengan ukuran payudara terlalu besar juga berpotensi mengalami tubuh bungkuk, karena beban lebih banyak di bagian dada. Sementara orang yang kelebihan lemak di daerah perut, tulang punggung bagian bawah akan cenderung condong ke depan karena memikul berat di perut.

5. Kebiasaan
Terkadang cara jalan atau cara kita memegang sesuatu juga bisa berkontribusi menyebabkan postur tubuh tidak sempurna. Sebagai contoh, jika Anda selalu jalan sambil menundukkan kepala atau mengerutkan bahu, makan akan membuat postur tubuh lebih condong ke depan. Membawa tas hanya di salah satu bahu juga jadi penyebab tidak seimbangnya postur tubuh --cenderung miring ke kanan/kiri.

6. Pekerjaan
Orang-orang yang bekerja di belakang meja, cenderung sering memajukan leher dan kepalanya ke depan, juga membungkukkan badan. Faktor ini akan mengurangi kemampuan tubuh untuk menjaga posisi tulang belakang tetap lurus dan tegap.

7. Pilihan Berbusana

Pemakaian baju dan sepatu yang kurang tepat juga bisa memberi efek negatif pada postur Anda. Wanita yang sering jalan menggunakan sepatu berhak tinggi dan tipis (stiletto), lebih berisiko mengalami gangguan pada postur. Selain high heels, mengenakan boots, baju ketat, jeans berpotongan pinggang rendah dan belt besar juga bisa mengakibatkan postur tubuh yang buruk. Dr Tina menyarankan, jika Anda mengenakan sesuatu yang kurang nyaman, tubuh akan mengalami perubahan pusat gravitasi sehingga posturnya cenderung bungkuk, condong ke depan, miring atau perut yang maju.