Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kecantikan dan Kesehatan | Manfaat Semangka untuk Kesuburan dan Wajah - Masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan semangka, buah yang satu ini sangat mudah tumbuh di daerah tropis. Yang berarti sangat mudah juga di dapat di kios-kios disekitar tempat tinggal. Di cuaca yang panas, semangka sangat segar dinikmati, karena semangka banyak mengandung air. Buah semangka tidak hanya enak disantap, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan kulit.
Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
Buah Semangka (Foto: Morguefile)

Khasiat Buah Semangka

Semangka mengandung 92 persen air dan delapan persen gula. Dalam sebuah penelitian terbaru, mengonsumsi semangka bisa membantu menurunkan risiko penyakit kulit akibat sinar matahari hingga 40 persen. Semangka yang mengandung banyak lycopene, yaitu antioksidan pelindung kulit dari radikal bebas, bisa mencegah segala macam kanker kulit.

Tak hanya melindungi kulit dari kanker dan sengatan matahari, semangka juga bisa membantu seseorang mengatasi insomnia atau apnea tidur. Vitamin B6 yang terkandung di dalam semangka membantu tubuh memproduksi serotonin dan dopamin. Kedua zat kimia tersebut berkaitan dengan mood dan membantu seseorang tidur lebih nyenyak, seperti dilansir dari Merdeka.com.

Semangka juga kaya akan elektrolit, sodium, dan potasium yang membantu tubuh menangkal dehidrasi. Untuk itu, buah semangka sangat baik dikonsumsi saat musim panas. Potasium juga bisa membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Di dalam semangka juga terkandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Sedang berdiet? Anda tak perlu khawatir mengonsumsi semangka karena kalori yang rendah dan nutrisi tinggi yang ditawarkan buah ini.

Tips memilih semangka yang berkualitas baik


Saat memilih semangka, pilih yang bentuknya simetri. Selain itu hindari semangka yang sudah terpotong atau memiliki banyak goresan pada kulitnya. Cari daerah kuning pada kulit semangka. Daerah kuning menunjukkan kualitas yang baik karena ini berarti semangka tersebut tumbuh di atas tanah saat telah matang di bawah matahari. Selain itu, daerah kuning juga menunjukkan bahwa semangka tersebut manis dan memiliki banyak air.

Itulah beberapa manfaat dari buah semangka, serta cara memilih semangka yang baik. Jaid, jangan ragu lagu untuk menikmati buah segar yang kaya nutrisi ini!