Tips Cukur Bulu Ketiak yang Tepat agar Warna Kulit Tidak Menggelap | Lifestyle News Tips Cukur Bulu Ketiak yang Tepat agar Warna Kulit Tidak Menggelap | Lifestyle News

Tips Cukur Bulu Ketiak yang Tepat agar Warna Kulit Tidak Menggelap

Dok. Thinkstock
Rambut halus pada ketiak adalah salah satu bagian yang tidak diinginkan wanita. Oleh karena itu, banyak wanita yang mencukurnya agar terlihat mulus dan bersih ketika memakai pakaian tanpa lengan.

Mencukur bulu ketiak dapat membuat area tersebut stres hingga iritasi yang membuat kulit berubah jadi menggelap. Untuk itu, harus tahu teknik mencukur yang tepat. Ini dia tipsnya dari Wolipop.

1. Cukur Pada Pagi Hari
Waktu terbaik untuk mencukur bulu ketiak adalah pagi hari setelah Anda mandi. Mencukur pada pagi hari akan menjadikan kulit ketiak lembut sepanjang hari.

2. Cukur Setelah Mandi
Lakukan pencukuran setelah mandi. Pada saat itu kulit masih lentur dan bulu-bulu ketiak lembut. Ketika kulit tidak lentur dan bulu kasar, maka kulit di sekitar ketiak akan ikut terangkat. Terkikisnya kulit tersebutlah yang menyebabkan kulit berubah warna menjadi lebih gelap.

3. Cukur Berlawanan Arah
Mungkin Anda sering dengar, untuk mendapatkan hasil cukuran yang baik, Anda harus mencukur sesuai dengan arah pertumbuhan rambut. Namun, mencukur sesuai arah rambut hanya berlaku untuk rambut-rambut halus bagian kaki dan tangan. Untuk rambut halus di daerah ketiak, Anda bisa mencukurnya dari arah yang berlawanan.

4. Gunakan Shaving Cream
Sebelum mencukur olesi ketiak dengan shaving cream. Fungsinya untuk cegah ketiak dari luka atau iritasi, yang memicu kulit menggelap. Jika tidak memiliki shaving cream, gunakan conditioner.

5. Jika Kulit Terlanjur Iritasi
Ketika Anda menyadari kulit Anda teriritasi setelah mencukur, segera oleskan gel atau lotion yang mengandung lidah buaya untuk membantu mendinginkan kulit teriritasi. Atau jika kondisi iritasi memburuk, segera kompres area tersebut dengan meletakkan handuk dingin di daerah tersebut.

6. Jangan Langsung Pakai Deodoran
Setelah pencukuran, diamkan beberapa jam (1 atau 2 jam) dan jangan langsung mengoleskan deodoran. Biarkan pori-pori kulit menutup sempurna, untuk cegah bahan kimia yang terkandung masuk ke dalam pori-pori.


(wolipop)