5 Cara Mencegah Selulit di Tubuh

cara menghilangkan selulit di tubuh
(Foto: Morguefile)
Cara bebas selulit - Badan lansing, putih dan mulus pasti dambaan setiap wanita. Berbagai cara dilakukan supaya bisa membuat kulit bagus, tapi hasilnya nol. Dan apalagi dengan pertambahan usia, polusi, paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit jadi turun kualitasnya. Permasalahan yang timbul pastinya selulit, lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit, yang membuatnya tampak menggumpal dan berkesan tidak rata pada permukaan kulit. Entah itu di lengan, paha, punggung, atau bokong.

Lalu bagaimana caranya supaya bebas dari selulit? seperti dikutip dari Kompas.com, berikut ini 5 kiat yang patut Anda coba.

1. Banyak minum air putih
Ya, air adalah faktor penting untuk kulit. Menurut Dr Howard Murad, MD, seorang ahli dermatologi dan pengarang buku The Cellulite Solution, mengonsumsi buah yang mengandung banyak air juga akan sangat membantu kulit tetap sehat dan terjaga. Sarannya, cobalah buah semangka yang mengandung 90 persen air, dan rendah kalori pula, sehingga tak perlu khawatir akan naik berat badan. Selain itu, Anda bisa mencoba mangga atau buah yang kaya kandungan air lainnya. Selain mendapat asupan air, buah-buahan ini juga mengandung vitamin A dan C yang baik sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Fungsinya jelas, menjaga struktur kulit tetap elastis.

2. Kardio dan lunge
Cobalah kardio, yang diyakini akan dapat membuat kulit Anda terbebas atau setidaknya jauh dari resiko berselulit. Coba gerakan lunge, di mana Anda menjaga tubuh setegak mungkin untuk meminimalkan tekanan pada punggung. Ini diyakini cukup efektif untuk paha dan bokong, dua area yang kerap ada selulitnya. Wayne Westcott, PhD, penulis buku No More Cellulite, mengungkapkan gerakan-gerakan lunge berulang dan rutin bisa membuat kulit tetap kencang. Hal serupa ditegaskan Liz DiAlto, pelatih fitnes di New York. Ia kerap melakukan tiga set lunge dengan hitungan 12 sampai 20 untuk setiap kaki kanan dan kiri, tiga sampai empat kali seminggu. Kurang dari sebulan, hasilnya sudah kelihatan.

3. Kafein
Mungkin tidak banyak yang tahu khasiat kafein untuk kulit. Lakukan body scrubbing pada kulit yang mengalami selulit, setelah itu oleskan krim kafein. Marcia Kilgore, ahli spa di New York dan pendiri Soap & Gloryskincare mengungkapkan, proses eksfoliasi akan mengangkat sel-sel kulit mati yang kemudian membuat pengolesan krim akan lebih efektif. Kalau mau lebih maksimal, imbangi juga dengan makanan sehat, seperti mengurangi makanan yang banyak mengandung garam misalnya. Setiap usaha, bahkan sekecil apapun, bisa berefek baik untuk kulit.

4. Liposuction
Jika Anda sudah tidak tahan lagi dengan selulit yang rasanya tidak mau hilang, treatment satu ini jelas ampuh. Hanya saja, harganya juga sebanding. Sedot lemak otomatis juga akan mengurangi selulit di kulit. Jika tidak, ada treatment baru bernama Cellulaze. Perawatan ini menggunakan metode laser yang menghancurkan lemak dan menstimulasi kolagen. Menurut Dr Bruce Katz, MD, ahli dermatologi asal New York, langkah ini sudah teruji klinis dan berhasil mengatasi selulit.

5. Cara terakhir jika semua opsi di atas tidak berhasil, adalah menutupinya dengan proses tanning
Kedengarannya agak janggal, tapi ada juga orang yang menjalani perawatan ini dan cukup berhasil. Salah satunya pernah diterapkan pada para model Victoria’s Secret. Entah itu dengan losion atau spray tanning, mulailah dengan body scrub untuk proses eksfoliasi. Tapi yakinkan diri Anda dulu jika benar-benar menginginkan untuk menjalani opsi ini.

(kompas)