Tips Mengatasi Kecemasan Bekerja di Tempat Baru | Lifestyle News Tips Mengatasi Kecemasan Bekerja di Tempat Baru | Lifestyle News

Tips Mengatasi Kecemasan Bekerja di Tempat Baru

Tips Mengatasi Kecemasan Bekerja di Tempat Baru
(vemale.com)
Lifestyle News - Memang tidak mudah untuk bisa langsung membaur dengan tempat baru, suasana baru dan orang-orang baru. Tidak semua orang punya kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dengan orang-orang kantor baru.

Sebagai pendatang, tentu kita tak bisa sembarangan 'nimbrung' sehingga terkenal sok akrab. Seperti yang di kutip dari vemale, Selasa, (5/3/2013), ini dia beberapa cara agar Anda bisa memasuki lingkungan baru Anda dengan nyaman dan diterima dengan baik.

1. Perkenalkan Diri Anda

Yang pasti harus Anda lakukan adalah untuk memperkenalkan diri Anda pada rekan-rekan Anda, atasan Anda dan sebagainya. Mungkin Anda tidak perlu mengenalkan diri Anda dengan berkeliling kantor. Namun bila disapa atau menyapa orang lain, pastikan Anda mengenalkan siapa diri Anda.

2. Pahami dan Lakukan Tugas Dengan Baik

Lakukan tugas Anda dengan baik. Bila tidak mengerti, bertanyalah. Bertanya pada senior termasuk salah satu cara untuk mengenal lingkungan Anda dengan jelas. Jangan malu bertanya, karena bisa mengesankan Anda pendiam dan sulit didekati. Dengan melakukan job desc sebaik-baiknya, bisa membuat Anda bekerjasama dengan baik pula bersama tim yang lain.

3. Jangan Takut Memulai

Anda bisa maju duluan dengan mengajak bicara seseorang saat sedang istirahat siang. Atau sekedar menawari makanan maupun kopi yang akan Anda nikmati. Tidak mungkin kan seisi kantor mengacuhkan Anda. Cobalah berinisiatif lebih dulu dan lihat bagaimana respon orang-orang pada Anda. Jangan lupa pasang wajah menyenangkan karena bisa membuat orang lain merasakan kehangatan sambutan Anda.

4. Keluar Bersama

Setelah beberapa saat mengenal mereka, jangan tolak ajakan keluar bersama bila memungkinkan. ini adalah kesempatan bagi Anda mengenal dengan baik atmosfir dan karakter teman kantor baru Anda.

5. Jangan Membeda-bedakan

Suasana acuh di kantor biasanya lebih kuat daripada seperti kita di jaman kuliah. Hal ini karena kesibukan dan fokus yang mungkin berbeda sehingga membuat kita terkesan acuh. Untuk urusan yang satu ini, sebaiknya Anda tetap menghormati sekalipun mereka adalah OB, satpam maupun bos Anda. Tentu Anda akan lebih sopan pada bos, namun jangan kurangi rasa respek Anda pada rekan kerja dan staf lainnya.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan di kantor baru agar lebih mudah beradaptasi dengan penghuni kantor baru. Semoga cepat betah di kantor yang baru. Selamat mencoba, Ladies. 

(vemale)