(vemale.com) |
Lifestyle News - Memang tidak mudah untuk bisa langsung membaur dengan tempat baru,
suasana baru dan orang-orang baru. Tidak semua orang punya kemampuan
untuk beradaptasi dengan cepat dengan orang-orang kantor baru.
Sebagai
pendatang, tentu kita tak bisa sembarangan 'nimbrung' sehingga terkenal
sok akrab. Seperti yang di kutip dari vemale, Selasa, (5/3/2013), ini dia beberapa cara agar Anda bisa memasuki lingkungan
baru Anda dengan nyaman dan diterima dengan baik.
1. Perkenalkan Diri Anda
Yang
pasti harus Anda lakukan adalah untuk memperkenalkan diri Anda pada
rekan-rekan Anda, atasan Anda dan sebagainya. Mungkin Anda tidak perlu
mengenalkan diri Anda dengan berkeliling kantor. Namun bila disapa atau
menyapa orang lain, pastikan Anda mengenalkan siapa diri Anda.
2. Pahami dan Lakukan Tugas Dengan Baik
Lakukan
tugas Anda dengan baik. Bila tidak mengerti, bertanyalah. Bertanya pada
senior termasuk salah satu cara untuk mengenal lingkungan Anda dengan
jelas. Jangan malu bertanya, karena bisa mengesankan Anda pendiam dan
sulit didekati. Dengan melakukan job desc sebaik-baiknya, bisa membuat
Anda bekerjasama dengan baik pula bersama tim yang lain.
3. Jangan Takut Memulai
Anda
bisa maju duluan dengan mengajak bicara seseorang saat sedang istirahat
siang. Atau sekedar menawari makanan maupun kopi yang akan Anda
nikmati. Tidak mungkin kan seisi kantor mengacuhkan Anda. Cobalah
berinisiatif lebih dulu dan lihat bagaimana respon orang-orang pada
Anda. Jangan lupa pasang wajah menyenangkan karena bisa membuat orang
lain merasakan kehangatan sambutan Anda.
4. Keluar Bersama
Setelah
beberapa saat mengenal mereka, jangan tolak ajakan keluar bersama bila
memungkinkan. ini adalah kesempatan bagi Anda mengenal dengan baik
atmosfir dan karakter teman kantor baru Anda.
5. Jangan Membeda-bedakan
Suasana
acuh di kantor biasanya lebih kuat daripada seperti kita di jaman
kuliah. Hal ini karena kesibukan dan fokus yang mungkin berbeda sehingga
membuat kita terkesan acuh. Untuk urusan yang satu ini, sebaiknya Anda
tetap menghormati sekalipun mereka adalah OB, satpam maupun bos Anda.
Tentu Anda akan lebih sopan pada bos, namun jangan kurangi rasa respek
Anda pada rekan kerja dan staf lainnya.
Itulah beberapa tips mudah
yang bisa Anda terapkan di kantor baru agar lebih mudah beradaptasi
dengan penghuni kantor baru. Semoga cepat betah di kantor yang baru.
Selamat mencoba, Ladies.
(vemale)
(vemale)