Cara Atasi Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama | Lifestyle News Cara Atasi Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama | Lifestyle News

Cara Atasi Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Nyeri Haid (detikcom/Thinkstock)
Aktivitas para wanita sering sekali terganggu akibat haid atau datang bulan. Sakit dan nyeri yang ditimbulkan membuat para wanita tak bisa bekerja dengan maksimal dan baik, terkadang membuat aktivitasnya terhenti sama sekali. Sebagian wanita sering merasakan nyeri saat datang 'bulan'. Nyeri tersebut bisa karena reaksi dari menstruasi itu sendiri atau tanda adanya penyakit.

Untuk meredakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas, dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menyarankan minum obat. "Obat apa saja yang mengandung analgesik atau anti sakit bisa justru harus diminum," seperti dikutip dari Wolipop.com.

Hal itu juga disetujui oleh Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt, dokter kandungan yang berpraktek di Brawijaya Women and Children Hopsital. Ia menuturkan, sebaiknya konsumsi obat anti nyeri jika sakit haid sudah tak tertahankan. Namun bila ada keluhan lain yang mengganggu, pria yang juga membuka praktek di Klinik Permata Bintaro itu menyarankan segera periksa ke dokter.

"Kalau obat-obatan anti nyeri seperti Feminax, panadol itu nggak masalah. Anti nyeri boleh saja. Tapi kalau ada keluhan lebih baik diperiksakan langsung karena mungkin ada infeksi atau penyakit," ujar Dr Prima.

Jika tidak mau merasakan nyeri, dokter Prima menganjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Olahraga baik untuk tubuh dan bisa memperbaiki siklus menstruasi Anda walaupun tidak secara langsung. 

"Olahraga sebenarnya nggak berpengaruh secara langsung. Jadi misalnya sering gerak sering olahraga, tubuh lebih sehat. Jarang olahraga hormonnya mungkin jadi nggak seimbang. Hormon endorfin, glutamin, serotonin jadi baik karena olahraga. Jadi kalau hormon stresnya bagus, ya dia jadi nggak sakit," tutup pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.


(wolipop)