4 Dampak Buruk Facebook Dalam Kehidupan | Lifestyle News 4 Dampak Buruk Facebook Dalam Kehidupan | Lifestyle News

4 Dampak Buruk Facebook Dalam Kehidupan

4 Dampak Buruk Facebook Dalam Kehidupan
(Foto: Morguefile)
4 Dampak Buruk Facebook Dalam Kehidupan | Dampak negatif Facebook | dampak positif Facebook | dampak Facebook bagi pelajar | Punya akun Facebook? pasti punya dong. Kalau ngaku tidak punya pasti kagak ada yang percaya. Semua ada, walaupun tidak mengakses nya lagi. Karena Indonesia merupakan pengguna Facebook terbesar didunia, bayangkan dari kota hingga pelosok desa pun yang bisa terakses internet ada akun Facebook. Bahkan ada yang lebih satu akun lho!

Seperti dilansir dari Vemale.com, dengan adanya Facebook, kita bisa saling menyapa orang-orang jauh. Tidak hanya di Indonesia saja tapi bisa seluruh dunia. Sayangnya, selain memberi manfaat, Facebook juga memberi dampak buruk bagi pemakainya, terutama yang 'tidak bisa hidup' tanpa Facebook. Nah, berikut ini dampak buruk Facebook bagi kehidupan kita.

Tidak Peduli Dengan Orang Yang Dekat

Banyak orang kecanduan Facebook. Saking kecanduannya, mereka bisa tahu kehidupan teman-teman mereka yang jauh di negara seberang, tetapi lupa dengan kehadiran orang-orang yang ada di dekat mereka. Sudah sering kan melihat orang-orang sibuk memberi like atau mengomentari status seseorang sampai tidak peduli dengan keadaan sekitar? Hal inilah yang sering dikeluhkan banyak orang.

Selain cuek dengan lingkungan sekitar, pertengkaran terbuka yang sangat sering dijumpai di Facebook dapat menyebabkan hubungan orang-orang tersebut renggang di kehidupan nyata. Padahal, pertengkaran di dunia maya seringkali disebabkan salah paham semata yang sebenarnya bisa diselesaikan baik-baik.

Kesehatan Buruk

Semakin banyak orang yang begadang karena internet menawarkan informasi menyenangkan 24 jam tanpa henti. Tidak heran bila banyak orang membuka Facebook berjam-jam hingga begadang, dengan setumpuk camilan tidak sehat dan sebagainya. Banyak laporan kesehatan menunjukkan peningkatan jumlah kelebihan berat badan dan obesitas pada generasi muda. Salah satu penyebabnya adalah kurang aktivitas bergerak dan ngemil banyak makanan berkalori.

Bertengkar Dengan Pacar Atau Keluarga

Dulu.. kehidupan percintaan dan rumah tangga terasa aman dan tentram tanpa gesekan di dunia maya. Sekarang.. coba deh lihat berapa banyak pasangan yang bertengkar dengan masalah yang dimulai dari Facebook. Misalnya saja si cowok memberi like di foto terbaru mantan pacarnya, langsung deh pacar si cowok marah-marah dan menuliskan komentar buruk tentang mantan pacar si cowok.

Kejadian seperti itu hanya contoh kecil kejadian yang sering muncul di Facebook. Berlaku juga untuk hubungan suami istri atau keluarga. Kadang gesekan dan komentar yang lalu lalang membuat hati panas dan menimbulkan permusuhan yang (sekali lagi) sebenarnya tidak perlu.

Pekerjaan Atau Tugas Berantakan

Facebook bisa membuat kecanduan, bahkan mengganggu konsentrasi saat membuat tugas atau menyelesaikan pekerjaan.

"Tadi komentarku udah ada yang komen nggak ya?"

"Sudah ada yang nge-like fotoku nggak ya?"

"Eh kemarin si Ria dan Toni lagi berantem, sekarang mereka gimana ya? Lihat statusnya ah.."

Dan sebagainya. Belum termasuk berbagai aplikasi dan game yang disediakan Facebook, sangat menggoda untuk dimainkan. Akibatnya, tugas tidak selesai, kerjaan terbengkalai. Tidak heran banyak kantor yang memblokir situs Facebook agar pegawai mereka lebih konsentrasi saat bekerja.

(vemale)