Fakta Miris Di Balik Renyahnya Gorengan Pinggir Jalan | Lifestyle News Fakta Miris Di Balik Renyahnya Gorengan Pinggir Jalan | Lifestyle News

Fakta Miris Di Balik Renyahnya Gorengan Pinggir Jalan

Fakta Miris Di Balik Renyahnya Gorengan Pinggir Jalan - Gorengan, jajanan yang satu ini sangat nikmat di santap dengan cabai hijau dan sambal pedas. Tak jarang gorengan menjadi santapan utama sehari-hari atau sampingan. Banyak yang sudah tau bawa konsumsi gorengan keseringan tidak baik bagi kesehatan, dan sering kita mengabaikannya kalau sudah melihat gorengan di depan mata. Ciri-ciri gorengan berbahaya bisa Anda baca disini.
Fakta Miris Di Balik Renyahnya Gorengan Pinggir Jalan
(Foto: Morguefile)

Mulai sekarang stop deh konsumsi gorengan di pinggir jalan, karena banyak fakta miris lainnya yang belum Anda tau berikut ini seperti dilansir dari Vemale.com

Minyak Goreng Bekas

Faktanya, banyak penjual gorengan di Indonesia yang menggunakan cara nakal yaitu memanfaatkan minyak goreng bekas atau minyak goreng yang dijernihkan dengan cara kurang sehat. Bahkan, setelah itu minyak goreng ini masih akan digunakan berkali-kali lagi untuk menggoreng.

Minyak goreng pada dasarnya sehat, namun lemak bawaan makanan dan pemanasan berulang kali membuat minyak goreng menyimpan kandungan jahat yang meningkatkan lemak dan kolesterol dalam tubuh kita.

Aduh, Minyak Goreng Dicelup Plastik

Memasukkan plastik ke dalam minyak goreng bisa membuat gorengan semakin renyah dan nikmat. Bila Anda membuat gorengan sendiri, mungkin Anda tak akan melakukannya. Namun, lain ceritanya kalau beli di luaran.

Para penjual 'nakal' yang membatasi biaya produksi seekonomis mungkin juga menggunakan trik ini untuk membuat gorengannya lebih renyah. Aduh, bisa bayangkan kalau leburan plastik itu termakan ke dalam perut kita?

Garam dan MSG

Agar lebih sedap, gorengan biasanya menggunakan garam ekstra dan MSG. Kandungan garam dan MSG tinggi ini bisa membuat kolesterol serta tekanan darah kita melonjak. Selain itu, gorengan paling tidak direkomendasikan dalam diet karena bisa menambah berat badan dalam sekejap.

Bukan Bahan Segar

Bila Anda membeli ayam goreng krispi yang renyah, perhatikan juga komposisinya. Bila diperhatikan, lebih banyak tepung daripada daging. Seringkali bahan yang digunakan tidak lagi segar alias ayam sisa. Fakta ini cukup mengerikan, namun memang ada.

Kanker Usus Besar Akibat Gorengan

Salah satu penyakit mengerikan yang mengincar pencernaan akibat gorengan adalah kanker usus. Gorengan memicu munculnya gangguan pada dinding usus dan membuat tubuh mengalami panas dalam hingga susah buang air besar.

Makanan ini memang merupakan salah satu makanan yang mengganggu pencernaan Anda bila banyak dikonsumsi. Terlalu banyak makanan gorengan dengan bumbu yang terlalu pedas juga bisa menyebabkan tukak lambung yang membuat perut terasa nyeri. Hal ini akibat bakteri yang bernama Pylori.

Ingin lebih aman dari bahaya gorengan bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan dari buah dan sayur segar. Bila Anda ingin makan gorengan, lebih baik membuatnya sendiri di rumah daripada membeli di luaran yang belum tentu terjamin bahan-bahan dan kebersihannya.