Khasiat Dan Manfaat Kuning Telur | Lifestyle News Khasiat Dan Manfaat Kuning Telur | Lifestyle News

Khasiat Dan Manfaat Kuning Telur

Khasiat Dan Manfaat Kuning Telur
(Foto: Morguefile)
Khasiat Dan Manfaat Kuning Telur | Khasiat kuning telur - Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya telur. Telur sering kita konsumsi, baik di makanan kemasan, makan sehari-hari, sampai kue menggunakan bahan telur ini. Telur, terdiri dari tiga bagian yang membentuknya. Cangkang, putih telur, serta kuning telur. Ketika Anda membuka telur mentah, maka Anda akan mendapati sebuah bola berwarna kuning bulat yang tinggal dilindungi oleh cairan berwarna bening, yang disebut putih telur. Sebenarnya yang berwarna kuning adalah bagian dari embrio, yang dapat tumbuh menjadi ayam apabila dibuahi dan dierami.

Putih telur dan kuning telur sama-sama merupakan bahan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi. Namun, sayangnya banyak orang yang takut mengonsumsi kuning telur karena takut kandungan kolesterolnya.

Sekalipun mengandung kolesterol, bukan berarti kuning telur itu tidak sehat lho. Kuning telur mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti misalnya B6, folat, B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Kesemua vitamin dan mineral tersebut diperlukan tubuh untuk masing-masing kepentingan yang berbeda.

Selain itu, kuning telur juga mengandung mineral lain seperti kalsium, magnesium, zat besi, potassium, sodium dan selenium. Kandungan tersebut sebenarnya juga terdapat pada putih telur, tetapi jumlahnya tak sebesar pada kuningnya. COntohnya saja zat besi, pada kuning telur ada kandungan zat besi sebesar 93% sedangkan sisanya terdapat pada putih telur.

Manfaat Kuning Telur


Baik untuk mata

Dikutip dari livestrong via Vemale.com, dikatakan bahwa kandungan karotenoid pada kuning telur ini sangat besar. Karotenoid adalah pigment yang memberikan warna kuning pada kuning telur. Membantu menurunkan resiko degenerasi penglihatan serta katarak pada mata.

Antioksidan di dalamnya membantu memerangi radikal bebas yang dapat merusak retina dan meningkatkan kemampuan fokus mata.

Sehat untuk jantung

Kuning telur juga disebut-sebut sehat untuk jantung lho. Kandungan choline di dalam kuning telur dapat membantu memaksimalkan fungsi kardiovaskuler. Hal ini sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian, dan disarankan agar telur menjadi salah satu bahan makanan yang melengkapi sarapan pagi.

Protein dalam telur juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga konsentrasi pada pagi hari tidak terganggu karena rasa lapar.

Jangan takut mengonsumsi kuning telur ya ladies.