Cara Menghilangkan Stres Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini | Lifestyle News Cara Menghilangkan Stres Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini | Lifestyle News

Cara Menghilangkan Stres Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

7 Makanan Ini Bisa Menghilangkan Stres
(Foto: Morguefile)
7 Makanan Ini Bisa Menghilangkan Stres - Stres perlu di waspadai, jangan sampai stres terjadi pada diri kita. Banyak dampak buruk yang akan terjadi bila kita mengalami stres, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, sakit kepala, insomnia bahkan dapat membuat tubuh depresi bila stres sudah tidak bisa di kendalikan. Untuk mencegah stres tidak terjadi, segera atasi dengan menambah hormon serotonin dan endorphin. Hormon serotonin dapat di tingkatkan melalui rutin mengkonsumsi makanan yang tepat. Dikutip dari Wolipop.com, ini 7 makanan yang dapat menghilangkan stres.

1. Gandum Utuh
Mulai sekarang stop makanan dari hasil olahan pabrik, segera ganti makanan yang lebih alami dan sehat. Anda bisa mengkonsumsi oatmeal, roti dan sereal gandum yang terbuat murni dari gandum utuh. Makanan olahan junk food sangat tinggi karbohidrat dan gula, hal tersebut dapat membuat kadar gula dalam darah dapat melonjak, tapi juga cepat turunnya sehingga energi juga dengan cepat hilang yang membuat Anda tambah stres.  Berbeda dengan gandum, gandum banyak mengandung vitamin B yang dapat menaikkan produksi energi dari karbohidrat, protein dan lemak sehingga dapat dimanfaatkan seluruh tubuh.


2. Asparagus
Sayuran yang banyak mengandung folic dan vitamin B ini ternyata dapat membuat mood Anda dapat terkontrol dan stabil. Karena asparagus juga membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

3. Cottage Cheese
Keju dengan tekstur lembut dan bercitarasa sedikit manis ini mengandung protein hewani yang juga membantu memproduksi serotonin. Selain itu protein di dalam keju tinggi akan asam amino tryptophan yang efeknya juga bisa membuat bahagia seperti serotonin. Khasiat asam amino ini akan lebih efektif jika dikonsumsi bersama karbohidrat.

4. Vitamin C
Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis dan grapefruit kaya akan vitamin C yang bisa mengurangi produksi hormon stres sekaligus menguatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan tersebut juga mengandung banyak serat tapi rendah kalori.

5. Almond
Kaya akan lemak tak jenuh dan merupakan sumber terbaik vitamin B2, E, zinc dan magnesium. Jika tubuh punya cukup kandungan nutrisi seperti yang disebutkan tadi, maka kemungkinan untuk mengalami stres akan berkurang. Disarankan mengonsumsi segenggam almond setiap pagi, tengah hari atau sore hari sebagai camilan.

6. Omega 3
Lemak sehat ini diolah tubuh menjadi semacam hormon yang disebut prostaglandins. Hormon ini membantu melawan peradangan dan mengatasi rasa sakit, terutama sakit pada kepala. Masukkan ikan-ikanan dalam menu harian Anda seperti tuna, salmon, sarden dan bandeng.

7. Alpukat
Alpukat adalah sumber yang baik untuk potassium dan lemak tak jenuh yang mengatasi meningkatkan produksi serotonin. Namun perlu dibatasi konsumsinya, tak lebih dari setengah buah per hari karena alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi.


Dengan Mengkonsumsi ke 7 makanan di atas, stres dapat di kontrol dengan baik.