7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat wortel - Ladies, pasti sudah pernah makan wortel kan, selain digunakan dalam kuah sop, wortel juga banyak dibuat jus. Selain untuk sop dan jus, ternyata wortel punya segudang manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Diantaranya buat stroke, merawat gigi dan masih banyak lainnya.
manfaat buah wortel
Khasiat Wortel (Foto: Morguefile)

Wortel umumnya bewarna kuning, atau agak orange kemerahan ini menandakan ia juga kaya akan betakaroten, yang tak hanya baik untuk mata tetapi juga baik untuk kulit. Nah, saking hebatnya si wortel ini, sangat dianjurkan untuk menambahkan wortel dalam konsumsi harian.


Apa saja sih manfaat wortel? Dikutip dari Vemale.com, inilah 7 manfaat wortel bagi kesehatan.

Khasiat Wortel


1. Mengecilkan resiko stroke

Dilansir oleh spotonthelist, wortel membantu mengurangi resiko serangan stroke. Mereka yang setiap harinya rajin mengonsumsi wortel, 68% punya kesempatan terjauh dari stroke. Kalau tidak bisa rutin mengonsumsi setiap hari Anda juga disarankan bisa mengonsumsi 5 buah saja sudah cukup dalam seminggu.

2. Menjaga kesehatan gigi

Kalau untuk gigi lebih baik dikunyah mentah-mentah, karena para ilmuwan mengatakan mengunyah mentah-mentah wortel akan menghilangkan plak dari gigi, dan juga sisi makanan yang ada gigi. Selain itu wortel juga bisa mencegah pendarahan pada gusi dan memelihara gigi agar tetap sehat dan kuat.

3. Mengatasi problem pencernaan

Nenek moyang memanfaatkan wortel untuk mengobati diare secara alami. Kabarnya, wortel dapat mencegah perkembangan bakteri sehingga proses penyembuhan diare bisa berlangsung lebih cepat.

Karena mengandung potassium, sodium, sulfur, magnesium dan fosfor, wortel juga dapat mengatasi problem pencernaan. Sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan perut tidak sembelit.

4. Bekerja sebagai antiseptik

Sudah sejak jaman dulu dipercaya wortel dapat menjadi antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi pada kulit. Cara termudah adalah dengan mengaplikasikannya pada luka dan membalutnya hingga kering.

5. Mempercantik kulit

Sudah disebutkan di atas kan kalau wortel ini ampuh untuk merawat kulit. Keampuhannya termasuk menjaga dan merawat kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin A dalam wortel dapat mengusir pigmentasi atau noda hitam pada kulit.

Memaskerkan wortel pada kulit wajah sekaligus mencegah dan mengurangi kerutan di wajah.

6. Mencegah kanker

Karena ada kandungan falcarinol, wortel ini ampuh untuk mengurangi resiko terkena kanker terutama kanker usus, kanker paru-paru dan kanker payudara. Seratnya dapat membantu membersihkan usus dengan maksimal dan meningkatkan kualitas sel-sel di dalam payudara.

7. Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A di dalam wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Di mana mata menjadi lebih jernih serta penglihatan di kegelapan atau malam hari jadi lebih tajam. Wortel juga melindungi mata dari serangan penyakit katarak yang biasanya menyerang mata yang sudah berusia.

Itulah beberapa manfaat wortel untuk kesehatan. Tak ada alasan lagi menolak dan menyisihkan wortel dari mangkok sup Anda, mari konsumsi wortel untuk memaksimalkan hidup sehat Anda.


(vemale)