6 Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

Susah tidur malam  - Kesibukan yang di alami sehari-hari bisa berdampak tidak bisa tidur, dan tidur pun jadi berkurang. Efeknya, kita jadi tidak fokus sama pekerjaan, dan badan kurang fit selama pekerjaan. Jika Anda sering tidak bisa tidur dan tidak cukup tidur di malam hari, lakukan 6 tips ini supaya badan kembali fit seperti dikutip dari Merdeka.com berikut ini.
6 Tips Mengatasi Susah Tidur
(Foto: Morguefile)

Cara Mengatasi Susah Tidur

1. Konsistensi

Cukup sulit untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur. Tetapi, itu tidak berarti kita tidak harus mencoba, bukan? Menjaga waktu tidur tetap konsisten adalah cara terbaik untuk memprogram tubuh Anda untuk beristirahat pada waktu tertentu.

2. Keheningan

Banyak orang merasa terganggu dengan suara-suara berisik saat hendak tidur di malam hari. Oleh sebab itu, Anda harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan suara itu. Sebuah solusi mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan memakai earphone dan mainkan musik yang menenangkan yang dapat membuat tidur Anda semakin nyenyak.

3. Kebiasaan sebelum tidur

Pastikan Anda tidak minum alkohol atau merokok setidaknya satu setengah jam sebelum tidur. Hindari minuman berkafein setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. Juga pastikan Anda tidak melakukan olahraga yang menguras tenaga 2 jam sebelum Anda pergi tidur. Hindari makan makanan, terutama gorengan atau bergula, tepat sebelum tidur.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat tepat sebelum Anda tidur adalah cara terbaik untuk bersantai dan mengurangi stres tubuh. Tubuh pun akan terasa lebih santai dan tenang.

5. Buang air kecil

Perasaan paling menjengkelkan yang sering kita alami saat malam adalah ketika harus merasakan dorongan untuk buang air kecil tepat sebelum Anda tertidur. Batasi asupan cairan setidaknya satu jam sebelum tidur dan pergilah ke toilet tepat sebelum Anda tidur.

6. Buka jendela

Sulit untuk tidur di kamar yang pengap dengan jendela yang tertutup. Cara mudah untuk tertidur pulas adalah dengan membuka jendela dan membiarkan angin malam masuk dan menenangkan Anda.

Inilah enam hal yang perlu Anda perhatikan sebelum tidur. Ingat, kurang tidur bisa berdampak besar terhadap kesehatan Anda terutama jantung. Sebab, kurang tidur bisa memicu serangan jantung dan stroke. Lebih bahaya lagi bila Anda sering mengkonsumsi obat susah tidur.