Cara Agar Pakaian Tidak Luntur Saat Dicuci

Begini Caranya Supaya Pakaian Tidak Luntur Dan Pudar
(c) Morguefile
Cara supaya pakaian tidak luntur - Mahal-mahal beli baju eh malah warnanya pudar dan luntur karena salah mencuci. Apalagi itu baju kesayangan atau baju hadiah dari sang kekasih. Mempertahankan warna asli baju akan membuat kita lebih percaya diri saat memakainya. Lain dengan baju yang pudar dan luntur, pasti akan menghilangkan rasa percaya diri kita saat memakainya.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui tips pakaian tidak luntur dan tips pakaian tidak pudar berikut ini.

1. Perhatikan Label

Kenapa memperhatikan label penting? Karena pada label pakaian pasti ada terdapat suatu petunjuk atau simbol bagaimana cara mencuci dan merawat pakaian dengan baik. Jangan lupa Anda cek label pada saat mau mencuci pakaian, karena beda merek beda juga cara mencucinya.

2. Pakaian Warna gelap

Untuk menjaga agar warna pakaian tidak luntur dan pudar, segera pisahkan pakaian yang berwarna dengan yang gelap. Jangan sampai pakaian putih Anda tercampur, karena akan membuat warnanya pudar dan luntur.

3. Balik baju

Membalik baju adalah saran yang banyak di pakai oleh ibu sejak dahulu. Cara ini adalah sangat benar dan terbukti melindungi pakaian bagian luar tidak terkena sinar matahari dan tidak pudar. Untuk pakaian warna gelap, jangan sampai Anda tidak membalikkan baju bagian dalam keluar, karena pakaian warna gelap lebih banyak menyerap panas.

4. Jangan penuhi mesin cuci

Memasukkan pakaian penuh-penuh sekali mencuci memang membuat kita lebih menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengulangnya lagi. Tapi cara ini tidak benar dan dapat membuat mesin cuci Anda tidak bekerja dengan maksimal dan hasil cucian Anda juga hasilnya tidak maksimal. Lebih baik mencuci berkali-kali daripada hasil cucian tidak maksimal. Anda juga harus mengetahui tips mencuci pakaian dengan mesin cuci.

5. Cara Menjemur

Selain cara mencuci, cara menjemur juga berpengaruh juga pada awet tidaknya warna pada pakaian Anda. Menurut Housekeeping.com, hindari penjemuran yang terlalu lama. Selain akan membuat baju menjadi bau matahari, ini juga akan mengikis kualitas dan warna pakaian.

6. Cuci dengan air dingin

Beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan tertentu memang disarankan untuk dicuci menggunakan air panas atau air hangat. Tapi, jika Anda ingin mempertahankan warna, sebaiknya gunakan air dingin karena warna akan awet.

7. Gunakan deterjen yang tepat

Ada beberapa produk deterjen atau pelembut pakaian yang juga bisa membuat warna pada pakaian tetap terjaga dan awet. Jika menggunakan mesin cuci, pastikan Anda mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada deterjen dan mesin cuci.

8. Pakai cuka

Menurut Housekeeping.com, penambahan cuka pada proses pencucian baju juga bisa membuat warna pada kain tetap awet dan cerah. Walaupun bau dari cuka ini membuat kita sedikit bergidik masam, ternyata cuka juga bisa jadi pelembut pakaian alami. Tenang, bau cuka akan hilang setelah proses pencucian.

Kedelapan cara di atas memang sudah terbukti ampuh menghilangkan luntur pakaian. Bila Anda mempunyai cara lain mencuci pakaian supaya tidak luntur dan pudar, yuk berbagi bersama kami di kolom komentar di bawah!