Boleh Atau Tidak Sih Tidur Setelah Sahur?

Boleh Atau Tidak Sih Tidur Setelah Sahur?
(Foto: Morguefile)
Boleh Atau Tidak Sih Tidur Setelah Sahur? - Ladies, banyak yang mengantuk dan ingin tidur setelah sahur dan sholat subuh, hal tersebut biasa terjadi karena jam tidur kita terpotong karena sahur. Tapi jangan salahkan sahur dulu, karena pada bulan ini semua hal yang baik kita lakukan akan menjadi pahala, dan banyak keajaiban pula yang kita dapatkan. Banyak yang bertanya-tanya apakah sesudah sahur dan sholat subuh bisa langsung tidur dan apakah tidak berbahaya bagi kesehatan?

Dikutip dari Vemale.com, yuk kita ketahui alasan mengapa boleh dan tidak boleh kita tidur waktu habis sahur.

Sebenarnya, bolehkah kita tidur setelah sahur? Hal tersebut memang sering menjadi pertanyaan banyak orang. Berikut ini beberapa alasan mengapa kita boleh dan mengapa tidak sebaiknya tidur.

Jangan Tidur

Ditinjau dari aspek kesehatan, sudah menjadi pelajaran lawas bahwa tidur setelah makan memang bisa menyebabkan perut buncit. Banyak orang yang menghindari tidur setelah makan karena takut gemuk.

Namun, sebenarnya hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan yang terhambat ketika kita tidur-tiduran setelah makan. Selain itu, makanan yang belum sempurna dicerna, bisa kembali lagi ke kerongkongan. Hal inilah yang bisa menyebabkan asam lambung.

Bila ditinjau dari hadis, memang ada dalil yang menyebutkan bahwa sebaiknya muslim melakukan sholat dan dzikir daripada tidur. Hal ini agar makanan kita tetap dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan hati kita menjadi lembut karena berdoa.

Boleh Tidur

Anda boleh tidur dengan jeda yang cukup jauh dari jam makan sahur. Misalnya Anda berhenti makan sahur 1-2 jam sebelum tidur, saat itu kiranya pencernaan sudah mendapat cukup waktu untuk melakukan pekerjaannya. Selain itu, bila memang Anda kurang tidur di malam harinya, sebaiknya beristirahat maksimal dua jam.

Agar tidur Anda lebih nyaman, perhatikan pula makanan yang Anda konsumsi. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berat karena bisa membuat pencernaan Anda bekerja lebih keras dan Anda terlalu kenyang saat tidur.

Bagi beberapa orang, tidur setelah makan bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Hal ini karena selama kita tidur, tubuh juga mulai kehilangan cairan. Sebenarnya, beraktivitas sejenak lebih dianjurkan, namun bila diperlukan sebaiknya tidur secukupnya.

Nah, sekarang keputusan atau tidur ada di tangan Anda. Yang penting tidak mengganggu kualitas puasa dan kesehatan Anda.