8 Tips Aman Belanja Online Shop

8 Tips Aman Belanja Online Shop
Ilustrasi Toko Online (c) newslifestyle4u.blogspot.com
Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, semuanya serba mudah. Seperti dalam urusan berbelanja, Anda tidak perlu pergi ke toko-toko atau ke mall, dengan duduk manis di depan komputer bahkan handphone, Anda sudah bisa berbelanja barang kesukaan Anda asalkan Anda memiliki koneksi internet. Cara ini sangat menghemat waktu dan uang transport, terhindar dari kemacetan jalan, dan Anda tetap cantik karena tidak terkena polusi dan debu.

Bagi kaum wanita, berbelanja online mulai marak dilakukan sekarang ini, seperti membeli sepatu, pakaian, tas, jam tangan, berbagai macam aksesoris, alat-alat kecantikan, bahkan baju muslim, semuanya dapat Anda peroleh dengan cara mudah. Anda tinggal pilih barang yang diinginkan, lalu order, dan barang yang Anda beli akan di antarkan ke rumah Anda, begitu mudah kan ladies.


Nah, ada banyak sekali situs belanja online atau online store yang bermunculan. Anda perlu hati-hati dan waspada, jangan sampai tertipu oleh penipu yang berkedok online store. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips aman berbelanja online supaya Anda puas dengan produk yang Anda beli.


1. Browsing Dulu


Saat mencari barang yang diinginkan, maka pastikan Anda rajin browsing. Selidiki produk yang diinginkan dari beberapa toko agar Anda tahu perbandingan harga, ongkos kirim, dan jaminannya. Siapa tahu toko online yang satu menawarkan diskon yang tak ditawarkan toko lain.


2. Perhatikan Garansi

Setiap toko pasti menawarkan garansi, misalnya bila produk rusak, maka uang kembali. Carilah toko yang menawarkan jaminan memuaskan. 


3. Kenali Ukuran

Ini merupakan kunci dasar menemukan ukuran yang tepat untuk Anda. Gunakan tali pengukur dan tulis semua ukuran badan yang diperlukan sebelum belanja. Detail ini perlu, sebab ukuran 30 di toko satu tak sama dengan 30 di toko lainnya.

Periksa tabel ukuran dan bandingkan dengan ukuran Anda. Jika ukuran Anda rata-rata, maka pilih ukuran yang lebih besar. Lebih mudah mengecilkan pakaian daripada membesarkannya bukan?!

Sedangkan untuk sepatu, ukurlah kaki secara akurat pada saat sore hari karena waktu itu kaki sedang dalam kondisi paling lebar.


4. Hemat Waktu Juga Perlu

Banyak toko online menyediakan kolom pilihan, misalnya kategori produk menurut warna, merek, ukuran, hingga harga. Untuk menghemat waktu belanja, Anda bisa mengutamakan pencarian berdasarkan ukuran terlebih dulu. Jika Anda tidak menemukan warna yang sesuai ukuran misalnya, maka segera cari di toko lain.


5. Bahannya

Selain ukuran salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahan yang dijual. Temukan pakaian yang Anda sukai dari lemari, cari tahu nama bahannya, dan belilah busana yang sesuai dengan bahan tersebut. Hal yang sama berlaku juga untuk sepatu (merek), dan aksesoris (bahannya).


6. Customer Service


Live chat merupakan servis yang biasanya diberikan oleh toko online yang terpercaya. Agar customer mendapat kejelasan tentang barang atau special offer yang diberikan oleh toko online tersebut.


7. Review Produk


Jika hal – hal diatas sudah ada di toko onlie tersebut, sebaiknya anda jangan buru – buru membeli. Ada baiknya anda mengecek review tentang produk yang akan anda beli. Bentuk, warna, dan bahan aslinya. Review produk dapat dilakukan melalui Youtube atau Amazon.


8. Reputasi Situs


Nah, yang terakhir yang mesti Anda perhatikan adalah reputasi situs. Cara mudah mengetahui reputasi situs dan terpercaya adalah dengan melihat domainnya, biasanya di Indonesia domain yang berakhiran co.id aman dan dapat terpercaya, karena untuk mendaftar domain co.id perlu persyaratan yang lengkap dan mesti disetujui oleh pemerintah. Selain itu, Situs online shop yang terpercaya reputasinya juga ada di luar negeri. Jika setelah kita cek nama domain nya dan situs tersebut sebelumnya sudah ada di luar negeri, dapat dipastikan bahwa situs tersebut aman, seperti zalora.co.id.


Di Indonesia sendiri, ZALORA merupakan salah satu situs belanja online terpercaya di dunia, bahkan terkemuka di Asia. Untuk di Indonesia, Anda bisa mengakses situs Zalora Indonesia.


Toko online ZALORA Indonesia adalah pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan fashion pria dan fashion wanita dengan menawarkan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Selain itu, ZALORA juga menyediakan produk-produk yang selalu mengikuti trend fashion terbaru yang memberikan banyak pilihan untuk menyempurnakan penampilan Anda. Anda bisa berbelanja dengan aman di zalora.co.id.


Itulah 8 tips berbelanja aman di online shop. Setelah membaca tips di atas, Anda pasti sudah tau bagaimana berbelanja yang aman di online shop dan tidak tertipu. Semoga bermanfaat!