Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi Bagi kecantikan
Manfaat bangun pagi - Ilustrasi (c) Pixabay.com
Manfaat bangun pagi - Kalau kata orang tua, masih gadis sebaiknya jangan bangun siang hari. Bangun haruslah di pagi hari agar rejeki tidak dipatok ayam.

Ada benarnya lho kalau dipikir-pikir. Dengan bangun lebih pagi memang banyak hal yang bisa Anda lakukan. Menurut penelitian, bangun lebih pagi mempengaruhi banyak hal di dalam hidup.

Mau tahu lebih lanjut? Ini dia ulasan singkat manfaat bangun pagi seperti dilansir WomensHealthmag.com.

Manfaat Bangun Pagi


Lebih ceria

Mereka yang bangun lebih pagi umumnya punya mood yang lebih ceria dan bahagia ketimbang orang-orang yang bangun terlambat. Studi ini dilaporkan dalam jurnal Emotion tahun 2012 di mana ternyata sistem syaraf dipengaruhi kebiasaan bangun pagi ini.

Lebih aktif

Bangun lebih pagi bukan bikin badan jadi lemas lho, malah justru lebih aktif dan terasa penuh energi. Apalagi jika disertai dengan senam-senam singkat atau sekedar pemanasan. Hal ini dibalas lebih dalam di Journal of Applied Psychology Sosial tahun 2009.

Cenderung memilih makanan sehat

Studi universitas Northwestern 2011 membuktikan bahwa mereka yang bangun lebih pagi punya kecenderungan memilih makanan sehat. Tingkat BMI-nya juga lebih rendah ketimbang mereka yang kurang tidur dan sering bangun siang.

Tingkat depresi lebih rendah

Penelitian di Jerman pada tahun 2013 menemukan hubungan antara depresi yang lebih tinggi dengan kecenderungan tidur larut malam. Mereka yang tidur cukup dan bisa bangun lebih pagi memiliki tingkat depresi rendah.

Itulah beberapa manfaat bangun pagi. Bagaimana? Masih ingin melanjutkan begadang dan bermalas-malasan hingga siang di tempat tidur? Lebih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan lho bila Anda jadi morning person.