Sumber Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi | Lifestyle News Sumber Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi | Lifestyle News

Sumber Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi

ikan salmon
Daging Ikan Salmon (Foto: Morguefile)
Sumber Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi - Ayo jangan takut konsumsi lemak, karena tak semua lemak dapat merugikan kesehatan. Berikut ini beberapa makanan sumber lemak sehat yang perlu dimasukkan ke dalam diet Anda untuk membantu menurunkan kolesterol Anda:

Sumber Lemak


Ikan

Jenis-jenis ikan berlemak yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, dan sarden. Ikan-ikan ini memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang sangat tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

Jenis lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah, juga membantu menurunkan kolesterol darah. Ikannya jangan di goreng, karena kalau dogoreng dapat menimbulkan lemak jahat. Nah, masukkan juga ikan dalam program diet Anda.

Kacang-kacangan

Kacang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jika dimasukkan sebagai bagian dari menu makan sehari-hari Anda. Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah jenis lemak tak jenuh, sehingga dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Almond, kacang mete, kacang tanah, dan hazelnut merupakan sumber yang baik dari jenis lemak tak jenuh tunggal. Sedangkan walnut mengandung lemak tak jenuh ganda dan Omega-3 yang cukup tinggi.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan memiliki dampak positif pada penurunan tingkat kolesterol.

Gunakan minyak zaitun saat memasak, hindari penggunaan mentega atau minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh. Saat menggunakan minyak zitun, tuangkan melalui sendok, jangan langsung menuang dari botol agar Anda tahu seberapa banyak minyak yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, jangan menganggap semua lemak itu jahat dan merugikan kesehatan. Pilihlah sumber lemak sehat terbaik untuk menjaga kesehatan Anda. Think smart, eat smart.

(vemale)