8 Penyebab Ketombe dan cara Mengatasinya | Lifestyle News 8 Penyebab Ketombe dan cara Mengatasinya | Lifestyle News

8 Penyebab Ketombe dan cara Mengatasinya

Banyak sekali yang mencari cara menghilangkan ketombe, seperti penyebab ketombe pada rambut, Penyebab ketombe dan cara menghilangkannya | Penyebab ketombe pada kulit kepala | Penyebab ketombe pada bayi dan anak | Cara mengatasi ketombe | Muncul ketombe pada kulit kepala pasti sangat mengganggu aktivitas. Apalagi memakai baju hitam, pasti sangat malu kan . Perlu diketahui, ketombe muncul bukan tanpa sebab, dan di antaranya bisa dicegah, oleh karenanya ketahui penyebab ketombe dan cara mengatasinya seperti dikutip dari Merdeka.com.
8 Penyebab Ketombe dan cara Mengatasinya
(Foto: Morguefile)

1. Kondisi kulit
Karena kondisi kulit kepala setiap orang berbeda, risiko terkena masalah ketombe pun akhirnya berbeda pula. Jadi kenali jenis kulit dan konsultasikan dengan dokter ahli untuk mengatasi masalah ketombe.

2. Kepanasan
Mulai dari penggunaan hair dryer atau kerudung, kepala yang kepanasan juga bisa bikin sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jadi kurangi penggunaan hair dryer atau gunakan bahan kerudung yang lebih nyaman untuk mencegah ketombe.

3. Sisa sampo
Yakin sudah membilas sisa sampo saat keramas sampai bersih? Sebab jika tidak, sisa sampo tersebut juga bisa menyebabkan ketombe. Meskipun butuh waktu agak lama, hal itu lebih baik dilakukan demi menjaga kesehatan kulit kepala.

4. Makanan
Ternyata makanan pun memengaruhi kondisi kulit kepala dan menimbulkan ketombe. Jadi penuhi zat besi dan vitamin B melalui makanan atau suplemen demi menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah datangnya ketombe.

5. Stres
Termasuk penyebab yang tidak biasa, namun itulah kenyataannya. Terlalu stres bukan cuma buruk untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan rambut, termasuk menjadi penyebab munculnya ketombe.

6. Waktu keramas
Pastikan Anda mencuci rambut terlalu sering - maksudnya setiap hari - atau bahkan terlalu jarang. Setidaknya cuci rambut tiga hari sekali saja. Sebab waktu keramas juga memiliki dampak terhadap munculnya ketombe.

7. Cuaca
Sama seperti masalah kepanasan, faktor luar yang memengaruhi datangnya ketombe adalah cuaca. Jika memang cuaca sedang begitu terik, coba dinginkan bagian tubuh dan kepala agar ketombe tak mudah datang.

8. Produk rambut
Entah itu sampo, kondisioner, atau produk kecantikan lain untuk rambut, perhatikan bahan dan efeknya pada kulit kepala. Jangan-jangan produk tersebut justru membuat ketombe semakin banyak!

Itulah beberapa hal yang ternyata menyebabkan ketombe. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Penyebab ketombe tidak hilang-hilang pada rambut