Terlalu Sering Konsumsi Gula, Kulit Jadi Tua | Lifestyle News Terlalu Sering Konsumsi Gula, Kulit Jadi Tua | Lifestyle News

Terlalu Sering Konsumsi Gula, Kulit Jadi Tua

Terlalu Sering Konsumsi Gula, Kulit Jadi Tua
(Foto: Morguefile)
Terlalu Sering Konsumsi Gula, Kulit Jadi Tua | Penyakit gula | Gula darah | Efek konsumsi gula | Dampak sering konsumsi gula - Yang manis-manis memang sangat nikmat untuk mencicipi. Seperti es krim, permen, kue, dan coklat. Gula bila terlalu sering dikonsumsi tidak baik bagi kesehatan, mungkin Anda sudah tau. Tapi, pengaruhnya pada kulit Anda pasti belum tau. Nah, pengaruhnya sama kulit adalah membuat kulit keriput. Tentunya Anda tidak mau kan kulitnya jadi keriput. 

Melansir Vemale.com, selain kulit jadi keriput, dampak atau efek lainnya bila sering konsumsi gula yaitu.

1. Radikal bebas

Radikal bebas adalah komponen penyebab inflamasi dan penyakit pada tubuh. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan radikal bebas muncul dalam tubuh dan bila sudah terkena radikal bebas maka akan susah untuk menyembuhkannya selain dengan mengubah gaya hidup secara total dan beristirahat dalam jangka waktu yang lumayan lama.

2. Dehidrasi

Gula dapat membuat kulit terkena dehidrasi dan membuat lingkar mata hitam semakin parah. Kenapa bisa seperti itu? karena Gula sifatnya menyerap seluruh air dalam sel sehingga kulit cepat kering dan kekurangan cairan untuk melembabkan. Bila kulit sudah dehidrasi maka akan terasa kasar, kering dan tidak sehat.

3. Keriput

Berlebihan dalam mengonsumsi gula bisa membuat kulit menjadi keriput dan terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya. Kulit yang keriput susah untuk dikembalikan menjadi kencang karena kulit yang keriput menyangkut jaringan kulit dan keelastisannya. Gula dapat 'menyerang' kolagen yang bertugas untuk menjaga kelembapan kulit secara alami. Karena itu kolagen bisa terkikis sehingga berakibat kulit menjadi keriput.

4. Memerah dan kasar

Iritasi kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi gula. Gula dapat mengikis kemampuan kulit untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus sehingga kulit mudah terkena iritasi dan akhirnya muncul bercak-bercak merah dan terasa kasar. Kulit yang kasar ini akan sangat sensitif bila digaruk atau terkena benda lain karena bisa langsung tergores.

Anda bisa membatasi dan mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh Anda dengan cara yang mudah Ladies. Beberapa tips untuk mengontrol asupan gula ke dalam tubuh adalah:

1. Kontrol asupan nasi putih ke dalam tubuh. Pastikan porsi makan yang seimbang antara nasi, sayur dan lauknya.

2. Bila akan mengonsumsi makanan atau minuman dalam kemasan maka Anda bisa mengecek dulu kandungan gula di dalamnya yang biasanya terletak pada label kemasan. Bila kandungan gulanya tinggi, Anda bisa menggantinya dengan produk lain.

Merawat kulit memang tidak mudah ladies, karena itu jagalah kecantikan kulitmu dengan mengontrol asupan gula yang masuk ke tubuh. Anda bisa mulai diet gula mulai dari hari ini, untuk investasi kulit cantik hingga tua nanti.