10 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil | Lifestyle News 10 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil | Lifestyle News

10 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil | hukum puasa bagi ibu hamil | puasa bagi ibu hamil muda | amankah puasa bagi ibu hamil | manfaat puasa bagi ibu hamil | puasa tak bahaya bagi ibu hamil | nutrisi ibu hamil saat puasa | hamil fidyah - Bagi Anda yang sedang hamil mungkin menjalankan ibadah puasa sangat berat, dan banyak tantangan yang bakal dihadapi. 
Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil
(Foto: Morguefile)

Dikutip dari Vemale.com, bila Anda sangat ingin menunaikan ibadah puasa, Anda wajib tau 10 tips puasa ibu hamil dan manfaat puasa ibu hamil berikut ini supaya Anda tetap fit dan aman bagi bayi yang sedang di kandung.


Tips Manfaat Puasa Ibu Hamil

  1. Saat hamil, kesehatan fisik ibu jelas terganggu. Untuk itu pastikan konsultasi dengan dokter apabila Anda hendak menjalankan ibadah puasa saat sedang hamil.
  2. Hindari stres sebisa mungkin dan istirahat cukup sehingga masih dapat mengikuti ibadah puasa dengan nyaman.
  3. Morning sickness, identik dengan mual di pagi hari. Namun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sehingga dokter dapat menyarankan nutrisi atau suplemen khusus untuk membantu mengatasi rasa mualnya.
  4. Pastikan Anda tidak terlalu terburu saat mengunyah makanan sehingga pencernaan tidak dipaksa bekerja tepat.
  5. Manfaat puasa ibu hamil lainnya, disarankan agar melakukan sahur menjelang waktu Imsak.
  6. Mencegah sembelit dengan cara alami, Anda bisa mengonsumsi kurma sehingga buang air besar tetap lancar.
  7. Disarankan pula agar ibu hamil tetap mengonsumsi protein hewani dari daging, ayam, ikan dan telur.
  8. Perbanyak pula makan buah dan sayuran sebagai sumber serat dan vitamin bumil sepanjang bulan Ramadan.
  9. Tips puasa ibu hamil selanjutnya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan lebih baik pilih karbohidrat berkualitas tinggi.
  10. Problem puasa bumil ini biasanya akan semakin pelik apabila bumil menderita komplikasi penyakit, misalnya seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal dan hati, diabetes, menderita asma, atau mengandung bayi kembar. Nah, untuk kasus khusus semacam ini ada baiknya agar Anda benar-benar meminta pantauan dari dokter dan pemeriksaan khusus sehingga memungkinkan Anda untuk ikut berpuasa atau tidak.
Batalkan puasa jika?

Apabila Anda mengalami pusing berlebihan, susah bernapas, pandangan kabur, serta gerakan lemah pada bayi, maka ada baiknya Anda membatalkan puasa demi menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan janin.


Itulah manfaat puasa untuk ibu hamil dan tips puasa bagi ibu hamil. Selain tips manfaat puasa ibu hamil di atas, lihat juga artikel menarik lainnya tentang serba-serbi bulan ramadan, seperti: Fakta menarik tentang air zamzam, dan manfaat buah kurma bagi kesehatan. Terimakasih!