5 Hal Yang Dibutuhkan Kulit Setiap Hari

5 Hal Yang Dibutuhkan Kulit Setiap Hari
(c) Morguefile
5 Hal Yang Dibutuhkan Kulit Setiap Hari - Tidak hanya tiap minggu atau tiap sebulan sekali kulit mendapat perawatan. Perawatan tiap hari sangat di butuhkan oleh kulit. Karena banyak masalah kulit yang muncul tiap hari, misalnya disebabkan oleh sering terkena sinar matahari, di dalam ruang ber-AC, terkena debu, polusi dan lain-lain. Kesemua masalah tersebut dapat memicu masalah pada kulit yang tentunya tidak bisa dihilangkan dalam sehari dan dua hari, tapi bisa berminggu dan berbulan lamanya. Contohnya saja jerawat. Jerawat memang bisa di hilangkan dalam semalam, tetapi bekas jerawat tidak gampang hilang, butuh waktu seminggu atau lebih.

Tidak hanya jerawat saja masalah yang akan ditimbulkan bila Anda tidak merawat kulit setiap hari. Masalah lainnya yaitu tanda penuaan dini. Misal timbul kerutan di wajah dan ada noda hitam. Dikutip dari Vemale, berikut 5 hal yang dibutuhkan kulit tiap hari.

1. Pelembab

Bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, memakai pelembab sangat penting bagi kulit supaya kulit tidak langsung terkena sinar matahari. Caranya gunakan pelembab dua kali sehari supaya kulit tetap lembab sepanjang hari. Tidak perlu takut jenis kulit Anda kering, berminyak atau sensitif, karena bisa digunakan kesemua jenis kulit.

Dan untuk jenis kulit tertentu, Anda bisa menambahkan blemish free sehingga dapat membantu menghilangkan noda di wajah, baik yang disebabkan jerawat atau tanda penuaan dini. Yang terpenting, memilih pelembab harus disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.

2. Air

Jangan minum air saja ketika haus, karena meminum air sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Seperti melembabkan kulit, memperlancar pencernaan, dan juga mengeluarkan racun dalam tubuh. Disarankan bagi wanita untuk meminum minimal 1-2 liter air setiap hari.

Selain itu, sering minum air juga mencegah wajah Anda berjerawat dan membuat kulit jadi halus dan lembut.

3. Antioksidan

Antioksidan sangat di butuhkan kulit tiap hari. Misalnya untuk mengurangi radikal bebas yang dapat merusak kulit dan kanker kulit. Antioksidan sangat mudah untuk di dapatkan, seperti di sayuran hijau, buah-buahan, ikan dan minyak alami. Mengonsumsi vitamin C dan vitamin E juga perlu bagi kulit supaya kolagen di dalam kulit tercukupi.

4. Tabir surya
Tak peduli cuaca sedang panas atau mendung, tabir surya tetap dibutuhkan wanita untuk melindungi selama beraktivitas di luar ruangan. Bahaya sinar UV A dan UV B dapat menyebabkan aneka problem di kulit, seperti penuaan dini, kanker kulit, kerutan di wajah, perubahan pigmen kulit, kulit kusam, dan lain sebagainya. Disarankan agar setiap akan keluar ruangan menggunakan tabir surya dengan SPF 30, 20-30 menit sebelumnya. Aplikasikan kembali setiap 2 jam agar perlindungannya maksimal.

5. Cleansing
Membersihkan wajah juga tidak cukup satu kali sehari. Minimal dilakukan 2 kali sehari di pagi dan malam hari, namun saat Anda merasa wajah telah terkena berbagai polusi, debu dan bakteri, segera bersihkan wajah.

Membersihkan wajah tak efektif dilakukan dengan satu langkah. Agar hasilnya memuaskan dan kulit terjaga kecantikannya, ikuti langkah-langkah membersihkan wajah berikut:
  • Bersihkan wajah dengan menggunakan cleanser lotion serta makeup remover 
  • Cuci wajah dengan sabun dan tepuk-tepuk lembut menggunakan handuk
  • Pakai toner agar membantu membantu membersihkan sisa makeup yang masih menempel di pori-pori
Memilih bahan pembersih wajah disarankan yang tidak mengandung alkohol, agar kulit tidak kering dan tidak meninggalkan rasa pedih serta bekas hitam di kulit.

Ladies, cukup lakukan ke lima hal di atas, niscaya kulit Anda akan terjaga kecantikannya dan akan tetap sehat. Semoga bermanfaat!