6 Cara Mengatasi Jerawat Di Hidung Secara Alami | Lifestyle News 6 Cara Mengatasi Jerawat Di Hidung Secara Alami | Lifestyle News

6 Cara Mengatasi Jerawat Di Hidung Secara Alami

6 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Jerawat Di Hidung
(c) Morguefile
6 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Jerawat Di Hidung - Jerawat adalah suatu permasalahan kulit yang bisa muncul pada siapapun dan dibagian tubuh manapun. Yang membuat kita jengkel adalah bila munculnya di wajah, baik di dahi, pipi, dagu, dan di hidung. Kalau di hidung, biasanya muncul akan lama dan rasanya sangat sakit. Selain membuat hidung meradang kesakitan, jerawat di hidung akan membuat hidung jelek akan bekas yang ditinggalkan.

Jerawat di hidung muncul karena adanya proses penyumbatan pori dan sel kulit mati yang tidak mau hilang. Dan lama-kelamaan akan timbul jerawat di sekitar hidung. Untuk menghilangkan jerawat di hidung, memang tak segampang menghilangkan jerawat di areal lain. Karena jerawat di hidung tumbuhnya mengakar dan membuat rumah di sana.

Untuk mengatasinya, sangat perlu perawatan khusus di sekitar hidung. Seperti dilansir dari Vemale.com, berikut 6 hal yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat di hidung.

Cara Menghilangkan Jerawat Di Hidung


1. Jangan Disentuh

Memang sih rasa gatal yang ditimbulkan jerawat membuat kita ingin menyentuhnya dengan tangan. Menyentuh jerawat dengan tangan akan membuat jerawat semakin subur. Hal tersebut di sebabkan karena tangan adalah sumber kuman dan bakteri.

Solusi yang harus dilakukan bila jerawat sudah pecah terkena tangan adalah dengan cara membersihkan dengan kain bersih atau ambil tissue basah dan seka atau kompres selama beberapa detik sampai luka tertutup.

2. Mencuci wajah


Sering berada di luar ruangan dengan cuaca panas dan berdebu akan membuat wajah berminyak dan kotor. Untuk menjaga agar tidak timbul jerawat, suci 3-6 kali sehari untuk membersihkan wajah dari minyak dan kotoran. Dengan rajin membersihkan wajah, pori tidak akan tersumbat oleh kotoran.

Bila rasanya nyeri, maka setelah mencuci muka Anda bisa mengompres wajah dan khususnya bagian yang berjerawat dengan es batu.

Es batu akan membantu mengurangi peradangan jerawat.

3. Jangan dipencet


Kalau dipegang dengan tangan saja akan membuatnya lebih parah, apalagi dipencet. Memencet jerawat akan meninggalkan bekas luka yang akan terlihat dan susah hilangnya. Bila memang ia masih meradang dan merona kemerahan, maka biarkan saja terlebih dahulu. Biarkan sampai nanahnya keluar sendiri dan baru diobati.

4. Pakai scrub oatmeal


Anda butuh membersihkan kulit wajah hingga ke pori cukup intens. Agar lebih bersih, Anda bisa menggunakan ramuan masker oatmeal.

Oatmeal sendiri bermanfaat dijadikan scrub yang akan mengangkat sisa sel kulit mati dan debu kotoran di hidung. Lakukan setidaknya dua kali sehari dalam 2 minggu, maka jerawat di hidung akan sembuh.

5. Pakai tea tree oil


Tea tree oil membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sehingga di malam hari, Anda bisa memassage area berjerawat dengan menggunakan tea tree oil. Keesokan harinya biasanya ia akan kempes dan peradangannya berkurang.

6. Diuapi


Jangan takut pori-pori akan besar, karena dengan menguapi maka pori-pori akan terbuka sehingga membantu mengeluarkan minyak berlebih di wajah. Setelah 20-30 menit menguapi wajah Anda harus menutup kembali pori-pori dengan menggunakan air es atau es batu.

Untuk mengatasi jerawat di hidung, Anda harus rajin dan teratur merawat dan membersihkannya dari minyak serta kotoran. Karena bila Anda sabar dan rajin, niscaya jerawat tidak akan balik lagi ke wajah Anda.

Itulah 6 hal yang harus dilakukan bila jerawat datang di hidung. Semoga bermanfaat!