6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut | Lifestyle News 6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut | Lifestyle News

6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut
(c) Morguefile
6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut - Banyak kebiasaan sehari-hari yang dilakukan pada rambut, tujuannya yang paling utama adalah merawat rambut agar sehat dan kuat. Tapi tak jarang kebiasaan tersebut bisa membuat rambut jadi rontok, rapuh dan masalah lainnya. Jagalah rambut Anda, karena rambut bagaikan mahkota bagi wanita. Salah merawat rambut malah berakibat rambut jadi rusak. Oleh karena itu, jangan lakukan kebiasaan seperti di bawah ini karena bisa merusak rambut.

1. Jangan sering menyisir rambut

Seperti dilansir dari All Women Stalk, terlalu sering menyisir rambut malah membuat akar rambut jadi lemah dan rontok, apalagi menyisir sehabis keramas atau basah. Memang sih rambut perlu disisir, tapi menggunakan sisir yang terlalu rapat bisa menarik rambut dari akarnya dan akan menjadi rontok. Lebih baik gunakan sisir yang jari-jarinya tidak terlalu rapat, atau bisa juga dengan mengunakan tangan.

Waktu yang paling bagus untuk menyisir rambut adalah di pagi hari. Karena di pagi hari minyak yang ada pada rambut masih banyak. Dengan menyisir, minyak akan menyebar ke seluruh rambut. Fungsi minyak tersebut adalah untuk melembabkan rambut.

2. Tidak memberi kondisioner

Banyak yang mengeluh rambut mereka sehabis keramas menjadi kering. Dengan keramas, semua minyak alami yang terdapat pada rambut akan hilang semua, dan rambut akan kering. Banyak banyak yang menyarankan menggunakan kondisioner atau pelembab pada rambut. Kondisioner sangat berguna pada rambut sehabis keramas, karena dapat memberi vitamin dan nutrisi pada rambut.

3. Sering mengikat rambut

Sering mengikat rambut, bahkan tiap hari bisa membuat rambut jadi rapuh dan mudah rontok. Karena di bagian yang di ikat tersebut sering tertarik oleh tekanan ikat rambut itu. Maka hindari mengikat rambut setiap hari, sebelum rambut Anda rontok dan kebotakan.

4. Produk yang Anda pakai tiap hari

Hati-hati bila sering memakai produk yang terbuat dari bahan kimia. Karena bila rutin di pakai tiap hari akan membuat rambut rusak. Banyak zat yang terdapat pada produk perawatan rambut yang membuat pemakainya ketagihan, dan harus terus menggunakan produk tersebut. Dan bila tidak digunakan tiap hari rambut akan mengalami masalah seperti semula. Lebih baik gunakan bahan alami, walaupun hasilnya lama tapi terbukti mengatasi masalah rambut sampai tidak muncul lagi.

5. Sering terkena asap rokok

Bila Anda perokok, maka berhentilah mulai sekarang. Dan menjauh juga dari asap rokok. Karena asap rokok dapat membuat rambut jadi kering dan mudah patah.
6. Salah dietSalah diet juga menjadi salah satu faktor mengapa mahkota indah Anda jadi rusak. Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang sehat tak hanya dibutuhkan oleh tubuh, tapi juga oleh rambut. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen dan protein, mampu membantu rambut tumbuh sehat dan cantik. Anda juga perlu mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk menyehatkan rambut.

Nah, itulah 6 kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat rambut jadi rusak. Bila rambut Anda mengalami banyak masalah rambut, maka jangan melakukan ke enam kebiasaan di atas. Semoga bermanfaat!