10 Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Hindari | Lifestyle News 10 Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Hindari | Lifestyle News

10 Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Hindari

Apa penyebab jerawat? - Sering kan dengar kata orang-orang di sekitar "Jangan makan kacang, nanti bisa timbul jerawat" atau "Jangan makan gorengan, jangan minum susu, jangan makan cokelat". Nah, sesudah memakan semua itu apakah akan muncul jerawat? Sedangkan tidak memakan saja jerawat malah tambah banyak.
Kenali 10 Pemicu Jerawat Untuk Mengatasi Jerawat
(c) Morguefile

Makanan penyebab jerawat sebenarnya tidak ada. Anda tidak cukup bukti menuduh semua makanan tersebut pemicu jerawat. Karena penyebab jerawat banyak faktornya. Berikut 10 pemicu jerawat:

Penyebab Timbulnya Jerawat


1. Karena Gen

Seperti dilansir oleh girlslovestyle.com, jerawat dapat disebabkan karena faktor keturunan. Biasanya keturunan akan memiliki gen kulit yang sama. Sehingga apabila nenek moyang berjerawat, maka kulit cenderung juga akan berjerawat. Kecuali jika gen kulit bagus yang menang.

2. Nutrisi

Sebenarnya bukan cokelat atau gorengan yang menyebabkan berjerawat, tetapi kurang seimbangnya nutrisi yang Anda asup. Apabila Anda terlalu banyak mengasup makanan berlemak dan tidak mengimbangi dengan nutrisi lain, maka secara otomatis akan mudah terjadi peradangan pada kulit. Yang salah satunya muncul lewat jerawat.

3. Polusi

Udara saat ini telah tercemar oleh polusi yang menyebabkan penyumbatan pada pori. Apabila tidak diatasi, maka ia akan membuat hidung tersumbat kotoran, yang apabila tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik maka akan muncul jerawat yang meradang.

4. Stres

Stres ternyata memicu tumbuhnya jerawat dari dalam. Kondisi ketidakseimbangan psikis mendorong hormon menciptakan jerawat. Stres juga sangat mempengaruhi penampilan kulit. Amati saja bagaimana kulit Anda lebih kusam dan tampak ada garis-garis tipis saat sedang stres.

5. Hormon tidak seimbang

Stres mempengaruhi hormon sehingga ia tidak berjalan seimbang. Di sinilah kesempatan jerawat muncul lagi.

6. Tidak cocok produk kosmetik

Sebagian besar kosmetik ternyata dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Apalagi Anda tidak memiliki kebiasaan yang benar soal membersihkan wajah, alhasil lambat laun kotoran dan bakteri akan menumpuk di pori-pori dan menyebabkan penyumbatan serta jerawat.

7. Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat yang ternyata dapat memperparah kondisi jerawat. Tidak disebutkan jelas merknya, tetapi umumnya obat-obatan ini kaya kandungan iodides, bromides atau steroid.

8. Bakteri

Apabila Anda tidak rajin merawat dan membersihkan kulit wajah, maka bakteri akan dengan mudah berkembang di sana. Menciptakan ruang yang meradang, lebar dan kemudian disumbat oleh debu dan kotoran. Apabila bakteri tersebut tidak diatasi dan semakin dalam tinggal di kulit, maka ia akan membuat jerawat jadi lebih banyak serta sulit diatasi.

9. Kontrasepsi

Beberapa obat KB ternyata dapat memicu munculnya jerawat pada kulit. Dan hanya dengan cara menghentikan konsumsinya maka jerawat bisa dikendalikan.

10. Profesi

Beberapa profesi tertentu akan membuat seseorang lebih sering terlibat debu, kotoran, polusi, dan lain sebagainya. Di mana Anda akan cukup beresiko bertemu dengan penyebab jerawat lebih intens daripada profesi lain. Misalnya: pekerjaan yang menyebabkan Anda berada di ruangan outdoor, atau stres.

Itulah penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Mengatasi jerawat sebenarnya mudah kok. Apabila Anda sudah tahu penyebab utamanya, maka Anda bisa memilih solusi apa yang harus Anda ambil. Oleh karena itu, cermati dan amati apa penyebab sebenarnya yang membuat Anda berjerawat. Kalau sudah, Anda bisa menemukan obat ampuh yang dapat mengatasinya.