Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Dan Kecantikan | Lifestyle News Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Dan Kecantikan | Lifestyle News

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Delima Bagi Kecantikan Dan Kesehatan - Buah yang berasal dari timur tengah ini banyak di tanam di Indonesia. Di desa-desa kita bisa dengan mudah menjumpai pohon delima yang umumnya memiliki tinggi sekitar 4-9 meter. Delima banyak ditanam oleh masyarakat kita sebagai tumbuhan hias, untuk obat dan bahkan untuk di konsumsi. Banyak yang mengkonsumsinya secara mentah-mentah dan ada juga yang membuatnya sebagai jus.

manfaat buah delima
Manfaat Buah Delima (c) Pixabay
Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memakan buah delima. Yaitu dengan konsumsi buah delima secara rutin dan teratur saja kita sudah dapat memperlambat proses penuaan sel DNA. Selain itu, buah delima juga terdapat vitamin A, C, E, zat besi dan antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas.

Seperti di lansir dari Beautytreats, sebuah penelitian yang baru-baru ini mengatakan hasilnya, bahwa ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun berbahaya. Selain itu, delima juga melindungi hati Anda dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan.

Untuk kesehatan tubuh, berikut khasiat dan manfaat buah delima.

Manfaat Buah Delima


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Delima dan jus delima meningkatkan kekebalan tubuh. Delima diketahui sarat dengan vitamin C.

2. Antialergi

Delima kaya akan polifenol dosis tinggi yang telah terbukti mengurangi proses biokimia yang terkait dengan alergi.

3. Mencegah penyakit jantung

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah menunjukkan bahwa delima meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas dalam sistem vaskular.

4. Mencegah kanker

Penelitian di salah satu universitas menunjukkan bahwa jus buah delima dan ekstrak delima dapat menyebabkan kematian sel kanker. Delima juga dapat mencegah kanker payudara dan penurunan perkembangan kedua jenis kanker kulit, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

5. Melindungi DNA

Fitonutrien dan antioksidan dalam buah delima berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya.

6. Menormalkan tekanan darah

Penelitian awal yang diterbitkan dalam satu jurnal menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat membantu mencegah tekanan darah meningkat terkait dengan makan makanan yang tinggi lemak.

Tidak hanya untuk kesehatan, buah delima bermanfaat juga untuk kecantikan. Antara lain :

  • Kandungan gula Buah delima dapat digunakan sebagai bahan scrub untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Hasilnya kulit akan kelihatan segar dan muda selalu.
  • Delima juga bisa digunakan sebagai sunblock alami karena memiliki ellagic acid yang sangat baik untuk melawan penyebab kanker kulit. Selain itu, delima juga bisa mengatasi kulit terbakar dan berbagai tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya.
  • Kehebatan delima yang terakhir adalah bisa digunakan pada semua jenis kulit. Tidak peduli jika kulitmu kering atau berminyak. Buah ini sangat baik untuk mengatasi masalah kulitmu. Untuk kulit kering, minyak delima dapat masuk hingga lapisan kulit terdalam dan melembabkan kulit dari dalam sekaligus menguncinya. Ini karena delima kaya akan asam lemak omega 5. Sedang untuk kulit berminyak, minyak delima sangat baik untuk melawan dan mencegah timbulnya jerawat. 
Itulah Khasiat buah delima dan Manfaat Buah Delima Bagi Kecantikan Dan Kesehatan tubuh kita. Ternyata buah delima tidak hanya enak di buat jus dan rujak, tetapi mempunyai sejuta manfaat untuk tubuh kita.