7 Cara Tidur Nyenyak Dan Mimpi Indah | Lifestyle News 7 Cara Tidur Nyenyak Dan Mimpi Indah | Lifestyle News

7 Cara Tidur Nyenyak Dan Mimpi Indah

Cara tidur nyenyak - tidur nyenyak dalam bahasa inggris artinya "sleep well" - Tidur adalah istirahat yang alami dilakukan oleh manusia dan bermanfaat bagi kesehatan. Biasanya manusia menghabiskan sepertiga waktu hidupnya untuk tidur. Tidur merupakan suatu hal yang wajib dilakukan manusia. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti resiko diabetes, sakit atau nyeri, mudah lupa, jadi pemarah, menurunnya suhu tubuh, resiko penyakit jantung, dan juga naiknya berat badan. Ternyata banyak juga penyakit dan akibat yang ditimbulkan karena kurang tidur

cara tidur nyenyak dan mimpi indah
Cara Tidur Nyenyak (c) Pixabay.com
Sehabis bekerja seharian memang waktu yang dinanti-nantikan adalah tidur. Tetapi tidur itu tidak se-enteng yang dibayangkan. Banyak orang yang tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas atau tidak bisa tidur nyenyak. Banyak gangguan yang membuat banyak orang tidak bisa tidur nyenyak, seperti mimpi buruk dan hidung yang tersumbat karena flu.

Tapi tenang saja, kami akan memberikan tips tidur nyenyak dan cara tidur nyenyak bagi Anda. Dijamin Anda akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan Anda akan mendapatkan mimpi indah. Dilansir dari Wikihow.com, ini 7 cara tidur nyenyak atau kapan saja.

Cara Tidur Nyenyak

1. Makan Malam

Tips agar bisa tidur nyenyak Anda wajib melakukan makan di malam hari. Karena bila perut kenyang, Anda tidak akan terbangun karena gara-gara perut jadi lapar. Waktu yang cocok untuk Anda makan adalah 3 jam sebelum Anda tidur. Jika Anda makan dekat dengan jam tidur Anda, yang terjadi adalah tubuh Anda memiliki energi berlebihan dan akibatnya Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak. Jika Anda sudah makan malam tetapi masih merasa lapar, disarankan untuk makan pisang atau sepotong roti.

2. Mandi

Cara mudah untuk tidur lebih nyenyak yang ke-dua adalah mandi. Memang sih pada malam hari mandi itu tidak disarankan, tapi tubuh yang lengket karena berkeringat pasti akan membuat Anda tidak nyaman waktu tidur. Anda bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Atau jika suhu udara tidak terlalu dingin, Anda bisa mandi dengan air dingin. Gunakan sabun yang mengandung aromaterapi atau parfum kesukaan Anda agar tubuh rileks.

3. Jangan Beraktivitas Berat

Hindari mengerjakan sesuatu sebelum Anda tidur. Jika Anda baru menyelesaikan pekerjaan Anda pada malam hari, sebaiknya ambil jeda waktu sejenak untuk rileks. Misalnya membaca buku sambil minum coklat hangat atau susu hangat. Coklat sangat membantu tubuh Anda untuk rileks.

4. Suhu Kamar

Pastikan suhu ruangan kamar Anda tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Kamar dengan memiliki ventilasi yang cukup akan memudahkan udara berganti. Sehingga kelembapan kamar Anda akan seimbang.

5. Jika Takut Bayangkan Ini

Apakah Anda merasa ada hantu atau ketakutan lainnya. Bayangkan ini, Anda mengambilnya atau bayangkan orang yang Anda cintai mengambilnya kemudian memasukkanya dalam kotak dan menguncinya rapat-rapat. Jika ingin lebih aman lagi, kubur di dalam tanah yang sangat dalam-dalam. Memikirkan hal yang paling menakutkan hanya akan membuat Anda mimpi buruk.

6. Posisi Bantal

Pastikan posisi kepala dan leher Anda nyaman saat akan beranjak tidur. Jika Anda menempatkan kepala pada posisi yang tidak nyaman, Anda hanya akan membuat leher Anda sakit saat bangun dan ini juga salah satu penyebab mimpi buruk.

7. Sediakan Minum

Usahakan untuk membawa segelas air atau botol minuman di dekat tempat tidur Anda. Mungkin jika Anda terbangun karena haus atau merasa terlalu panas, Anda bisa langsung minum di dekat Anda tanpa harus bangun dan pergi ke dapur.

Itulah 7 cara tidur nyenyak dan mimpi indah. Lakukan tips cara tidur nyenyak di atas supaya tidur Anda lebih berkualitas lagi, dan pastinya akan membuat badan Anda lebih sehat dan segar waktu bangun di pagi hari. Nah, sekarang Anda tidak akan telat lagi bangun di pagi hari. Semoga bermanfaat!