6 Makanan ini bisa membuat Tidur Anda Nyenyak | Lifestyle News 6 Makanan ini bisa membuat Tidur Anda Nyenyak | Lifestyle News

6 Makanan ini bisa membuat Tidur Anda Nyenyak

cara tidur yang nyenyak
Tidur yang nyenyak (Thinkstock)
Anda pasti sering mengalami insomnia atau tidak bisa tidur, dan cepat-cepat Anda minum obat tidur. Terkadang obat tidur juga tidak bisa juga membuat Anda tidur lebih nyenyak, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Dengan mengurangi makanan yang dapat membuat anda terjaga dan menyantap makanan yang sehat membantu anda agar bisa tidur dengan nyenyak. Dikutip dari Wolipop.com, 6 makanan ini bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak.

1. Daging asap
“Daging asap yang kaya akan tryptophan asam amino ini bisa membantu menenangkan tidur Anda. Triptophan sendiri tidak membuat Anda mengantuk." ujar Horn. 

Kandungan tryptophan membantu otak memproduksi serotonin, yaitu neurotransmiter yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi, serta melatonin, sebuah neurohormone yaitu kandungan tambahan yang membuat Anda lebih rileks.

2. Mashed Potatoes
Meski jenis makanan ini dianggap rendah karbohidrat karena kandungan Glycemic didalamnya berada di tingkat rendah, namun mashed potatoes, atau sejenis makanan dari bahan kentang yang dihaluskan ini memiliki pengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Menyantap mashed potatoes dengan campuran susu rendah lemak atau buttermilk akan membuat Anda tidur lebih pulas dan sehat.

3. Pisang
Pisang mengandung melatonin dan tryptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang membantu Anda tidur lebih nyenyak. "Melatonin adalah hormon yang mengirim sinyal ke otak agar tubuh merasa lebih santai," jelas Horn. Krim buah yang mengandung magnesium juga dipercaya mengurangi ketegangan otot fisik, dan ampuh melawan stres.

4. Susu
Minum susu hangat sebelum tidur membantu tubuh Anda rileks dan tenang. "susu hangat merupakan sumber yang kaya tryptophan yang menenangkan dan membantu tubuh lebih santai," ujar Horn. Tapi berhati-hatilah, "daging kalkun dan susu yang dikonsumsi sebelum tidur akan mengacaukan kerja lambung dan membuat Anda terjaga sepanjang malam karena perut terasa begah". Sebaiknya hindari jika Anda belum terbiasa.

5.Oatmeal
Atau yang disebut dengan Havermut ini tidak hanya menjadi menu sarapan yang mengenyangkan, namun juga menghangatkan perut. Havermut atau gandum kaya serat mengandung melatonin. Semangkuk oatmeal dan segelas susu hangat sebelum tidur adalah menu tepat Anda sebelum tidur.

6. Suplemen Tidur
Selain makanan yang tepat, Horm menyarankan untuk mengonsumsi suplemen mineral yang memudahkan Anda tidur tanpa efek samping negatif, dibanding Anda harus minum obat tidur yang dijual bebas di pasaran.

Horn merekomendasikan suplemen tidur yang mengandung kalsium 500mg-800mg, Magnesium 400mg dan Inositol 2000mg. Gunakan juga Epsom, atau garam mandi yang mengandung magnesium. "campurkan dua genggam garam mandi ke dalam air hangat dan berendamlah selama 15 menit," ujar Horn. Kandungan garam yang terserap melalui kulit berguna untuk menenangkan tubuh dan membuat Anda tidur lebih pulas.


(wolipop)