Waspada! Makan Sosis Berbahaya Dan Menyebabkan Kanker

Waspada! Makan Sosis Berbahaya Dan Menyebabkan Kanker
(c) Pixabay
Hati-hati! Makan Sosis Berbahaya Dan Menyebabkan Kanker - Pasti semua sudah tau apa itu sosis, sosis adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali iklan-iklan di tv tentang sosis, dan menggambarkan betapa enaknya sosis itu. Sosis itu sendiri terbuat dari daging cincang dan beberapa bahan lainnya dan sering di jumpai berbentuk bulat panjang seperti jari-jari manusia.

Di Indonesia sendiri sosis banyak di jual siap konsumsi. Namun, dibalik kelezatannya, ternyata sosis berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak. Sebaiknya mulai sekarang kurangi memberikan anak atau sepupu Anda yang masih anak-anak makan sosis.

Seperti dilansir dari Environmental Working Group, via Vemale.com, sering makan sosis akan banyak bahaya kesehatan yang mengancam, seperti terkena kanker prostat dan kanker usus besar. Bahaya tersebut terdapat karena olahan daging waktu membuat sosis tersebut.

Kandungan di dalam sosis tersebut yang berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kanker adalah Sodium nitrate. Sodium nitrate merupakan garam yang berfungsi sebagai pengawet pada olahan-olahan daging seperti sosis ini. Zat ini pula yang membuat sosis nampak lebih merah dan menarik serta lebih enak rasanya. Menurut Mayo Clinic, sodium nitrate ini ternyata dapat merusak pembuluh darah serta menyebabkan diabetes.

Lalu, apakah harus menghentikan sama sekali konsumsi sosis bagi anak-anak? Tentu saja tidak. Berdasar informasi di atas, Anda hanya perlu mengecek ingredients yang tertera pada kemasan sosis dan memastikan bahwa tidak ada sodium nitrate di dalamnya. Atau mungkin Anda bisa membuat sosis sendiri yang tentu saja akan jauh lebih sehat dan aman bagi buah hati Anda.

Itulah alasannya kenapa sosis berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak, yaitu dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, bila ingin membeli sosis, lihatlah di kemasannya, bila terdapat tulisan Sodium nitrate di komposisinya jangan di beli. Demikian dan semoga Anda dapat menjaga buah hati Anda dan keluarga Anda agar aman dan lebih sehat.