3 Manfaat Menguap Bagi Kesehatan | Lifestyle News 3 Manfaat Menguap Bagi Kesehatan | Lifestyle News

3 Manfaat Menguap Bagi Kesehatan

Menguap Ngantuk - Apakah Anda sering menguap di pagi hari atau kapan saja? Ya, pasti semua orang pernah menguap. Pengertian Menguap adalah dimana suatu proses menarik dan mengeluarkan napas, hal ini sering terjadi ketika Anda mengantuk dan lelah.

menguap di pagi hari
Ilustrasi menguap (c) Pixabay
Menguap sering di anggap seseorang tidak sopan. Misal Anda sedang mengikuti pelajaran dari dosen dan menguap di hadapannya, dosen tersebut akan menganggap Anda tidak sopan dan meremehkannya dan tidak memperhatikan pelajarannya.

Tapi, menguap memang tidak bisa Anda tahan dan muncul secara tiba-tiba dan Anda tidak tau kapan datangnya. Padahal menguap merupakan sinyal bahwa otak Anda butuh disegarkan lagi sehingga lebih efisien menerima informasi. seperti dikutip dari www.besthealthmag.ca yang menyatakan bahwa ada beberapa manfaat menguap yang baik untuk tubuh.

1. Meningkatkan efisiensi mental

Karena berhubungan dengan otak, seringkali bagian vital ini mengalami kelelahan karena kehilangan banyak energi dan kelelahan. Hal ini akan diperparah jika Anda tidak melakukan banyak hal, sehingga otak dengan sendirinya akan merangsang syaraf untuk lebih reaktif dan sadar sehingga membantu dalam relaksasi, meningkatkan kewaspadaan dan mengingatkan ke memori semula.

2. Membantu menghidupkan kembali ritme sirkardian tubuh Anda

Ritme sirkardian ini membantu mengingatkan kembali batas-batas alami dalam siklus aktivitas Anda dengan cara mengingatkan bahwa saat ini bukan waktunya tidur. Bahkan menguap juga mengurangi efek jet lag jika Anda sedang bepergian jauh ke luar negeri.

3. Ketika menguap kadar dopamin akan meningkat sehingga dapat mengurangi tingkat stress berlebih di otak dan meningkatkan kinerja otak

Semakin sering Anda menguap, semakin banyak bahan kimia alami diaktifkan, dan Anda akan semakin segar dan bahagia.

Jadi, sebenarnya banyak hal yang sehat ketika Anda menguap. Namun untuk menghindari menguap di saat-saat tak terduga dan mengembalikan fokus serta konsentrasi Anda terhadap sesuatu, sebaiknya sempatkan paling tidak 10 menit untuk menggerakkan tubuh dan bernafas panjang selama beberapa kali.

Hal ini akan membantu dalam memperlambat gelombang otak sehingga mengirim sinyal ke otot untuk lebih santai.

Itulah beberapa manfaat menguap bagi kesehatan tubuh. Selain itu, baca juga artikel menarik lainnya seperti tips mengatasi susah tidur dan efek buruk begadang bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!