8 Efek Buruk Akibat Begadang Atau Kurang Tidur

8 Efek Buruk Akibat Begadang Atau Kurang Tidur - Bagi Anda yang hobi begadang atau tidur larut malam sekarang stop kebiasaan tersebut. Karena bisa menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Bisa-bisa kualitas hidup kita bisa menurun drastis. Minimal kita harus tidur 7 jam dalam sehari. Seperti di rangkum dari Wolipop.com, inilah 8 efek buruk sering begadang bagi kesehatan.
8 Efek Buruk Akibat Begadang Atau Kurang Tidur
(Foto: Morguefile)

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan


1. Program Diet Akan Sia-sia

Saat kurang tidur, metabolisme tubuh menjadi lambat sekaligus membuat nafsu makan tak terkontrol. Secara tidak sadar, Anda menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. Hal ini dikemukakan oleh Michael Breus, PhD, seorang psikolog dan spesialis gangguan tidur di Scottsdale, AZ.

2. Mood Tidak Stabil

Perubahan emosi saat Anda kelelahan adalah hal yang seringkali terlihat. Bila Anda benar-benar lelah, perubahan drastis seperti menjadi mudah menangis sangat mungkin terjadi. "Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 50% dari orang dengan depresi memiliki beberapa jenis masalah tidur. Biasanya insomnia," ujar Lisa Shives, MD, seorang internis dan ahli obat tidur di Evanston, Illinois, Amerika Serikat.

3. Mata bengkak dan Bayangan Hitam di Bawah Mata

Seorang dokter kulit dan ahli bedah kosmetik di Omaha, Joel Schlessinger, MD, mengatakan bahwa bila seseorang kurang tidur, tubuh dapat kehilangan kelembaban sehingga kulit kekurangan cairan. Akibatnya timbul lingkaran gelap di bawah mata. Masalah ini dapat disiasati dengan minum secangkir teh chamomile satu jam sebelum tidur. Teh chamomile dapat membuat sesorang merasa santai karena tidak mengandung kafein.

4. Gangguan Ketika Berkendara

Salah satu penyebab kecelakaan ketika berkendara adalah kelelahan, menurut sebuah studi dari Virginia Tech Transportation Institute pada April 2013 lalu. Ketika mengantuk, kesadaran berkurang. Bahkan, salah satu penelitian di Australia menemukan bahwa tidak tidur selama 24 jam efek negatifnya setara dengan mengonsumsi alkohol pada taraf 10 (taraf yang diperbolehkan 08). Jika Anda akan berkendara dalam keadaan tubuh yang kurang fit, minum segelas jus ceri sebelum tidur. Karena buah ini mengandung melantonin dan membantu seseorang tidur 39 menit lebih lama per malam.

5. Tingkat Depresi yang Tinggi

Jam tidur yang kurang dari 6 jam dapat mengganggu gen dalam tubuh yang mengatur depresi. Hal tersebut berdasarkan sebuah studi pada Februari 2013 yang dilakukan oleh University of Surrey di Inggris. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan meditasi selama 5 menit, lalu peregangan otot, atau dengan melakukan yoga.

6. Sulit Berpikir Jernih

Ketika anda merasa sulit berpikir jernih saat anda kurang tidur, terutama saat bekerja di kantor, hal itu disebabkan karena efek negatif dari kurang tidur mempengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat informasi baru. Hal ini dikemukakan oleh Janet Kennedy, PhD, seorang psikolog klinis dan spesialis tidur di New York.

7. Tidak Bersemangat Melakukan Hubungan Suami Istri

Seseorang yang sangat lelah cenderung enggan berhubungan suami istri dengan pasangannya. Orang yang tidak tidur biasanya lebih stres, serta suasana hati tidak mendukung untuk berhubungan. Hindari menonton TV atau main komputer satu jam sebelum tidur karena sinar dari layar dapat mengurangi hasrat anda untuk tidur.

8. Imunitas Rendah

Kelelahan dapat menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. "Para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang yang tidak mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur memproduksi antibodi lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh tidak sekuat ketika Anda fit," ujar Dr Shives. Makan makanan yang bergizi dan mematikan lampu rumah dapat memberikan sinyal pada tubuh untuk segera beristirahat.

Sudah tau kan apa efek buruk akibat begadang. Apakah Anda akan tetap Begadang?