Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Dan Cepat

Cara menghilangkan karang gigi - Gigi adalah bagian keras yang ada di dalam mulut Anda. Gigi banyak bentuknya dan bervariasi dan masing-masing memiliki perannya masing-masing. Gigi berfungsi sebagai merobek dan mengunyah makanan atau apa aja.
cara menghilangkan karang gigi secara alami
Cara menghilangkan karnag gigi  (c) Pixabay.com

Supaya gigi tetap sehat dan dapat selalu menjalankan tugasnya dengan sempurna, Anda harus menjaga agar gigi selalu bersih. Gigi yang tidak bersih akan membuat gigi bermasalah, seperti gigi berlubang, gigi berkarang atau plak gigi dan akhirnya membuat Anda sakit gigi. Untuk mencegah masalah tersebut, Anda harus rajin dan rutin menggosok gigi supaya gigi Anda bersih dan sehat.

Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi? Seperti dilansir dari Vemale.com, berikut cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Cara Menghilangkan Karang Gigi


1. Karena arah gerakan gosok gigi selalu dari bagian berwarna merah (gusi) ke arah bagian berwarna putih (gigi), baik untuk rahang atas dan rahang bawah, untuk permukaan yang menghadap pipi dan bibir serta permukaan yang menghadap lidah. Untuk permukaan kunyah gerakan menjadi keluar masuk dengan sedikit putaran.

2. Gerakan dilakukan searah poros gigi dari gusi menuju ke permukaan gigi dengan sedikit putaran awal dan tekanan ringan saja.

3. Lama menggosok secara keseluruhan biasanya sekitar 2-3 menit.

4. Pilihlah sikat gigi dengan ukuran sesuai dengan mulut kita masing-masing, dengan ujung sikat cukup kecil supaya mudah mencapai sudut belakang mulut. Pilih juga bulu sikat yang halus sehinggga tidak melukai gusi atau membuat permukaan gigi aus.

5. Kumur sesudah gosok gigi cukup 1-2 kali saja.

6. Pasta gigi tidak boleh tertelan apalagi sengaja ditelan.

7. Hendaknya selalu diingat, bahwa bila sesudah gosok gigi, plak gigi masih tersisa di permukaan gigi, berarti gosok gigi kita tidak efektif dan jadinya tidak bermanfaat.

Dengan menyikat gigi secara baik dan teratur, plak bisa dihilangkan. Namun, jika plak terlalu lama menumpuk dalam jumlak banyak (karies), maka kamu harus membersihkannya langsung ke dokter gigi untuk melakukan Scalingatau proses pembersihan plak.

Nah, kamu sudah tahu cara menggosok gigi yang benar? Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah rutin menggosok gigi, minimal dua kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur. Menggosok gigi dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Jadi, waktu terbaik menggosok gigi di pagi hari adalah selesai makan. Jika ada sisa makanan yang masih menempel, mulut akan berbau, dan menyebabkan gigi berlubang.

Di malam hari, gosok gigi kamu sebelum kamu berangkat tidur saat produksi air liur berkurang. Air liur mengandung antibakteri alami untuk membunuh kuman, namun karena produksi air liur turun drastis saat kamu tidur, bakteri akan bebas berkembang biak di malam hari.

Demikian cara menghilangkan karang gigi secara alami. Selain itu baca juga artikel tentang gigi lainnya, seperti cara mengatasi gigi ngilu, cara mencegah sakit gigi, dan cara membuat gigi tampak putih. Semoga bermanfaat ya!