Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya | Lifestyle News Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya | Lifestyle News

Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya | obat gigi ngilu | sakit gigi | 10 penyebab gigi ngilu | penyebab gigi ngilu dan tips mengakalinya | kenapa gigi ngilu | masalah gigi ngilu | makanan gigi | nyeri pada gigi - Sering merasakan nyeri atau ngilu menusuk pada gigi setiap kali mengonsumsi makanan/minuman panas, dingin atau terlalu asam? Bisa jadi pertanda gigi Anda sensitif.
Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya
Gigi Ngilu (Foto: Deherba)

Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, maka rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf dan menyebabkan nyeri. Ada beberapa faktor yang membuat gigi sensitif, dan umumnya karena kebiasaan menggosok gigi atau pemilihan sikat gigi yang salah.

"Gosok gigi terlalu kuat yang menekan gigi dan gusi, juga penggunaan sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan kaku adalah beberapa penyebab gigi sensitif," ujar Drg. Zaura Rini Anggraini MDS.

Menggosok terlalu kuat akan membuat dentin gigi terbuka, juga membuat email gigi mengalami penipisan. Hal yang sama juga terjadi apabila Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kaku.

Selain itu, peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi juga bisa menyebabkan terjadinya gigi sensitif. Hal ini kerap terjadi ketika pembersihan karang gigi yang terlalu tebal.

Saat dibersihkan, bagian yang terkena karang akan membuka sehingga terbentuk semacam celah. Dengan kata lain, gusi jadi menyusut. Ketika email terbuka, semua rangsangan yang masuk, baik itu dari makanan manis, panas, dingin atau bahkan terpaan angin akan langsung mengenai syaraf dan membuat ngilu atau nyeri.

Seperti yang dikutip dari Wolipop.com, gigi sensitif juga terjadi akibat penuaan, karena lapisan email yang menyusut seiring bertambahnya usia. Penyebab lainnya adalah bleaching, kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur dan proses bleaching atau pemutihan gigi yang terlalu sering.

Dokter gigi yang akrab disapa Rini ini memberikan tips untuk mencegah gigi sensitif. Gosoklah gigi secara lembut dari arah gusi ke gigi, dikombinasikan dengan gerakan memutar seperti massage. Pilih sikat gigi berbulu lembut dan halus, serta hindari mengonsumsi makanan/minuman esktrem (soda, cuka, lemon) terlalu sering.

(wolipop)