5 Penyebab Berat Badan Naik | Lifestyle News 5 Penyebab Berat Badan Naik | Lifestyle News

5 Penyebab Berat Badan Naik

makan terlalu banyak
(Foto: Morguefile)
Kita makan pasti karena lapar, dan tidak lapar tapi ingin makan itu namanya nafsu. Jadi, nafsu dan lapar itu tidaklah sama. Yang perlu Anda ketahui ternyata perut dan tubuh Anda tidak perlu banyak makanan yang masuk. Yang perlu itu adalah nutrisi yang cukup yang bisa membuat Anda tetap sehat dan fit. Oleh karena itu, makan besar tidak perlu Anda lakukan. Mulai sekarang prioritaskan kandungan nutrisinya.

Apabila Anda punya kebiasaan makan terlalu banyak, dikutip dari Vemale.com, mungkin ini 5 penyebab berat badan Anda tidak turun-turun. 

1. Ikut-ikutan teman
Pengaruh teman sangatlah besar dalam diet dan usaha menurunkan berat badan. Coba cari restaurant atau makan bersama teman-teman yang juga sedang dalam program diet atau makan seimbang. Kebiasaan makan cukup ini akan menular dan membuat Anda tetap makan dalam porsi yang tidak berlebihan.

Hindari makan dengan mereka yang juga hobby makan dan biasa makan tidak terkontrol.

2. Piring berukuran besar
Menggunakan piring berukuran besar cenderung mendorong orang makan dalam jumlah yang besar pula. Untuk itu, ganti piring Anda dengan piring berukuran kecil, sehingga membuat nafsu makan Anda lebih terkendali. Anda juga akan merasa bersalah apabila memenuhi piring tersebut karena berkesan seperti sudah banyak makan.

3. Makan terlalu cepat
Makan terlalu cepat membuat Anda cepat lapar. Biasakan makan perlahan dan mengunyah 32 kali sehingga makanan dapat dicerna dengan lebih maksimal serta membuat Anda tidak mudah lapar.

4. Bosan
Apabila Anda bosan atau sedang kepikiran sesuatu, makan jadi tidak terkendali. Anda cenderung melampiaskan emosi dengan menyuapkan makanan terus menerus pada mulut. Alhasil, berikutnya Anda akan menyesal dan menyadari bahwa porsi Anda telah berlebihan.

5. Dehidrasi
Jangan sampai salah tanggap, Anda belum tentu membutuhkan porsi besar setiap kali makan. Bisa jadi Anda hanya haus saja, sehingga disarankan sebelum makan untuk minum segelas air mineral terlebih dahulu.

Mulai sekarang perhatikan nutrisi asupan menu makanan serta cukupkan porsi makan Anda tanpa mengonsumsi berlebihan. Yuk hidup sehat.

(vemale)