Saat Remaja Berat Badan Wanita Gampang Naik | Lifestyle News Saat Remaja Berat Badan Wanita Gampang Naik | Lifestyle News

Saat Remaja Berat Badan Wanita Gampang Naik

Saat Remaja Berat Badan Wanita Gampang Naik
(Foto: Morguefile)
Penyebab berat badan naik di usia remaja - Banyak para gadis yang mengalami kenaikan berat badan di usia remaja. Penyebabnya adalah gaya hidup mereka yang buruk saat mulai remaja, misal makan seenaknya, kurang olah raga dan kebanyakan remaja zaman sekarang banyak yang lalai, lebih mementingkan pacaran dan main game.

Pada saat usia remaja, mereka sangat susah dibujuk untuk hidup sehat. Banyak studi yang mengatakan bahwa remaja gampang gemuk. Apa sih penyebab utamanya. Simak ulasannya yang dikutip dari Vemale.com.

1. Gaya hidup

Gaya hidup saat ini penuh banyak kemudahan karena kemajuan teknologi. Sebagian ada yang memang membantu, tetapi sebagian besar justru menimbulkan masalah. Misalnya saja fast food, yang justru membuat para wanita menimbun kalori di balik kenikmatan makanan ini.

Belum lagi saat makan masih dilengkapi dengan ice cream, gorengan serta minuman bersoda, wah makin tertimbunlah kalori di dalam tubuh.

2. Ogah berolahraga

Remaja wanita lebih suka ngemall dan main internet ketimbang berolahraga. Membakar kalori adalah hal yang paling langka dilakukan, kecuali menjadi bagian dari mata pelajaran di sekolah. Alhasil, ketika kalori sudah menumpuk dan tidak dibakar oleh tubuh, maka sisa-sisa akan berkumpul membentuk gumpalan-gumpalan di beberapa sudut tubuh.

3. Pemilihan makanan tidak sehat

Tak banyak pula yang sadar betul makanan mana saja yang sehat dan seharusnya dikonsumsi. Yang menjadi patokan utama memilih makanan adalah makanan murah dan enak. Padahal, murah dan enak tidak menjamin apakah makanan tersebut bergizi atau tidak.

4. Ketidakseimbangan hormon

Usia remaja adalah usia di mana hormon tubuh tidak seimbang. Dipengaruhi dengan lifestyle dan pemilihan makanan yang tidak sehat, maka hormon akan sulit untuk dikendalikan. Alhasil gemuk bukanlah sesuatu yang langka ditemui.

5. Ngemil saat bosan

Ogah berpikir panjang dan mendetail, remaja wanita memilih untuk ngemil saat sedang bosan. Makan camilan memang tidak dilarang, tetapi mengisi waktu dengan ngemil hanya akan membuat tubuh menumpuk lemak saja. Apalagi jika dilakukan di malam hari, wah sudah berapa banyak kalori yang masuk tanpa dibakar?

6. Kebiasaan makan orang Indonesia

Kalau belum makan nasi, artinya ya belum makan. Itulah yang menyebabkan banyak remaja mengalami kegemukan. Padahal, sebenarnya apa sih yang dibutuhkan tubuh itu? Tidak melulu hanya karbohidrat dari nasi kan?

Karbohidrat toh bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan lain.

Menghindari kegemukan, tentunya asupan nutrisi haruslah lebih diperhatikan. Olahraga juga menjadi sebuah sarana penting sebagai kegiatan positif serta membantu membakar lemak dan menyeimbangkan hormon.