3 Tanda Anda Alergi Pada Kosmetik | Lifestyle News 3 Tanda Anda Alergi Pada Kosmetik | Lifestyle News

3 Tanda Anda Alergi Pada Kosmetik

3 Tanda Anda Alergi Pada Kosmetik
(c) Morguefile
3 Tanda Anda Alergi Pada Kosmetik - Anda harus jeli memilih produk kosmetik dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Bila Anda sembarangan memakai produk kosmetik, itu akan berdampak kulit jadi alergi. Sebelum membeli produk perawatan wajah, sebaiknya ketahui dulu kondisi kulit Anda bagaimana akibat yang akan di timbulkan.

Dilansir dari Vemale.com, biasanya ada beberapa tanda Anda akan alergi pada suatu produk kosmetik, seperti:

1. Kulit Jadi Kemerahan

Yang umum terjadi bila Anda salah memakai produk kosmetik adalah kulit jadi merah. Suatu produk bisa bereaksi sesaat setelah di pakai. Itu artinya produk itu tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda. Solusinya adalah hentikan pemakaian produk tersebut, karena bila di teruskan akan membuat kulit jadi semakin memerah, gatal dan panas.

2. Bengkak

Umumnya reaksi ini ditunjukkan saat mengaplikasikan kosmetik di area kelopak mata. Entah itu eyeliner, eyeshadow, atau maskara, yang dapat menyebabkan bagian kulit di sekitar mata bengkak.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bengkaknya akan muncul di tempat lain apabila produk yang Anda gunakan berbeda. Jadi jangan di teruskan pemakaian produk tersebut.

3. Masalah Pada Mata

Produk kosmetik eyeliner dan maskara bila tidak cocok sama kondisi kulit akan membuat mata Anda gatal, kemerahan, air mata keluar sendiri dan kelopak mata akan tebal. Dan efek lainnya yaitu mata Anda akan sensitif bila terkena senar lampu. Jadinya akan pusing dan sakit kepala.

Yang harus Anda lakukan bila mengalami ke tiga alergi di atas adalah:
  • Hentikan pemakaian produk kosmetik tersebut dan ketahui pula apa yang mungkin penyebab lain dari alergi tersebut.
  • Hindari membeli produk abal-abal yang tidak jelas kandungannya karena tanda alergi akan lebih mudah terlihat
  • Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah saat akan memakai makeup
  • Ganti selalu alat makeup setiap 3-6 bulan dan cuci setiap minggunya agar tetap bersih
  • Jangan menggosok, menggaruk, memakai scrub atau lulur atau juga masker pada kulit yang mengalami alergi
Jika tanda alergi tidak hilang dalam 2x24 jam maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter dan meminta pertolongannya. Umumnya Anda akan diberi obat minum atau krim/salep untuk meredakan gejala alergi.

Demikian ladies tiga tanda kulit wajah alergi pada suatu produk kosmetik. Sebaiknya sebelum membeli suatu produk, konsultasi dulu pada dokter ahli kulit. Karena setelah melihat kondisi kulit Anda, mereka akan merekomendasikan produk kosmetik yang cocok dengan jenis kulit Anda. Semoga bermanfaat!